Bangun Rumah Kreatif bagi Penyandang Disabilitas; Langkah DPRD OKU Dukung Kemandirian Ekonomi
Siluet orang di kursi roda (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Rumah kreatif khusus penyandang disabilitas bakal dibangun oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan. Langkah tersebut dijalankan untuk membantu penyandang disabilitas dapat mandiri dalam hal ekonomi.

"Itu baru rencana. Untuk mewujudkan hal itu dalam waktu dekat kami akan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung guna menggali informasi terkait pengembangan rumah kreatif disabilitas agar dapat dibangun di OKU," kata Anggota DPRD Ogan Komering Ulu (OKU), Densi Hermanto di Baturaja, Selasa.

Menurut dia, rumah bagi penyandang disabilitas ini perlu dibangun untuk meningkatkan tumbuh kembang ekonomi kreatif bagi masyarakat yang memiliki kebutuhan khusus di tengah keterbatasan fisik.

Rumah Kreatif Penyandang Disabilitas

Rumah kreatif difabel dapat dijadikan program pemberdayaan bagi penyandang disabilitas agar mereka bisa lebih mandiri dalam hal ekonomi.

Penerima manfaat bagi program ini nantinya dikhususkan kepada penyandang disabilitas yang sudah memiliki usaha yang selanjutnya akan dilakukan pendampingan bisnis.

Secara bertahap pihaknya berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan dan hak penyandang disabilitas, seperti mendorong kelompok swasta agar bisa menyediakan pekerjaan sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Untuk merealisasikan hal tersebut, DPRD OKU mencoba menggali informasi terkait pembinaan dan penataan serta pengembangan rumah kreatif disabilitas melalui kegiatan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung guna diterapkan di Kabupaten OKU," ujarnya.

Dukungan Kegiatan Usaha bagi Penyandang Disabilitas

Ia berharap, keberadaan rumah kreatif nantinya dapat memotivasi kegiatan usaha, mengubah pola fikir dan meningkatkan kepercayaan diri penyandang disabilitas untuk memulai dan mengembangkan usahanya sampai benar-benar berhasil dalam menjual dan memasarkan produknya.

"Dan tentunya rencana ini harus mendapat dukungan dari pihak terkait agar para penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten OKU lebih mandiri dan mampu menjadi motor penggerak ekonomi kreatif," harapnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.