Produksi GKG Sumsel Ditargetkan Capai 2,9 Juta Ton pada 2022, Fenomena Cuaca La Nina Bikin Was-was!
Petani padi (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Produksi Gabah Kering Giling (GKG) tahun 2022 ditargetkan oleh Pemprov Sumatera Selatan capai sejumlah 2,9 juta ton.

R Bambang Pramono, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, menyampaikan target tersebut terbilang realistis karena tahun ini masih dipengaruhi fenomena La Nina, dengan peningkatan curah hujan.

Sumsel memiliki total areal persawahan seluas 470.603 hektare yang 72 persen merupakan lahan rawa meliputi lahan pasang surut dan lebak.

“Curah hujan yang tinggi dalam dua tahun terakhir membuat petani terpaksa menggeser musim tanamnya, dari biasanya April-Mei-Juni menjadi mundur ke Juli-Agustus untuk lahan lebak,” kata dia.

Selain itu petani juga kesulitan untuk bisa menerapkan penanaman dua kali dalam tahun. Artinya, dalam periode 2021-2022, petani kehilangan satu musim tanam, dari seharusnya empat kali menjadi tiga kali karena adanya pengaruh cuaca ini.

Kondisi ini terjadi untuk lahan lebak dangkal, sedangkan untuk lahan lebak tengah dan lebak dalam maka secara otomatis petani tidak bisa menanam padi.

Kondisi Cuaca Pengaruhi Produksi Hasil Pertanian

Atas pengaruh cuaca tersebut, Pemprov Sumsel menilai harus menurunkan target produksi GKG karena pada 2021 sempat menargetkan sebanyak 3,1 juta ton GKG. Penurunan target ini juga berkaca pada capaian produksi Sumsel pada 2021 yakni 2,6 juta ton GKG dari 2,7 juta ton GKG pada 2020.

Namun di tengah penurunan produksi itu, petani di Sumsel justru mampu meningkatkan produktivitas yakni dari biasanya di bawah 5 ton GKG per hektare menjadi 5,2 ton GKG per hektare.

“Memang masih di bawah angka nasional 5,3 ton per hektare, tapi ini sudah capaian luar biasa karena Sumsel bisa melewati angka psikologis 5 ton GKG per hektare,” kata Bambang.

Sementara itu, lahan persawahan seluas 2.773 Hektare di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terancam fuso (gagal panen) akibat terendam banjir selama beberapa hari.

Bantuan Benih untuk Petani Terdampak Banjir

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Tanaman Pangan Holtikultura (DKPTH) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Indesi Karyanto mengatakan pemkab mengupayakan bantuan benih dari Cadangan Benih Nasional (CBN) untuk membantu para petani yang lahannya terdampak banjir tersebut.

CBN adalah benih tanaman pangan yang diperuntukkan untuk kebutuhan mendesak seperti adanya bencana alam yang menyebabkan pertanian mengalami gagal panen atau puso.

"Kami akan usulkan ke pemprov atau ke Kementan," kata dia.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.