Pemkab OKU Berikan Kemudahan bagi Pelaku UMKM untuk Dapatkan Modal Usaha
Jajaran Pemkab OKU menggelar rapat pembahasan program kerja unggulan TPKAD (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kemudahan mendapat pinjaman modal usaha diberikan oleh Pemkab Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Langkah tersebut dijalankan melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) yang dibentuk di daerah.

Ahmad Tarmizi, Sekretaris Daerah Pemkab OKU, menyampaikan untuk mempermudah masyarakat khususnya pelaku UMKM dan petani dalam mendapat pinjaman modal usaha pihaknya telah membentuk TPKAD yang dikelola oleh beberapa Orgasinasi Perangkat Daerah (OPD) di pemerintahan daerah setempat.

OPD yang Telah Melakukan Program TPKAD

OPD yang terlibat dalam TPKAD tersebut telah menyiapkan beberapa program kerja dengan menggandeng pihak perbankan sebagai mitra.

Beberapa OPD yang telah melakukan program TPKAD ini antara lain Dinas Pendidikan dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan OKU.

"OPD yang terlibat dalam TPKAD akan menjembatani akses pinjaman modal usaha di perbankan yang telah ditunjuk," ujarnya.

TPKAD Memberikan Penyediaan Pendanaan untuk UMKM

Menurut dia, dibentuknya TPKAD sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi ekonomi dan sumber dana daerah dalam rangka memperluas penyediaan pendanaan produktif untuk pelaku UMKM dan pembangunan ekonomi daerah.

TPAKD harus mampu mengoptimalkan potensi dan sumber dana daerah sehingga dapat mendorong pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan akses keuangan bagi pelaku UMKM.

"Dengan adanya TPKAD ini diharapkan pelaku UMKM ataupun petani dapat lebih mudah mendapat modal untuk pengembangan usahanya," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.