Pemkab OKU Sumsel Selenggarakan Pelatihan Manajemen Ritel UMKM
Pelatihan UMKM OKU (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pelatihan manajemen ritel bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah digelar oleh Pemkab Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan di Auditorium Universitas Baturaja, Kamis.

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Ogan Komering Ulu (OKU), Ermuni Saulimin di Baturaja, mengatakan pelatihan manajemen ritel ini bertujuan untuk membuka wawasan bagi pelaku UMKM di wilayahnya agar memahami dan menguasai peluang usaha.

"Pelatihan yang digelar selama satu hari ini diikuti sebanyak 50 peserta pelaku UMKM di Kabupaten OKU," katanya.

Pemkab OKU Gelar Pelatihan UMKM Untuk Tingkatkan Peluang Pasar

Adapun jenis pelatihan yang diberikan antara lain tentang tips dengan sentuhan modern untuk mengatur pesediaan stok barang, menata barang dan mengatur keuangan.

Melalui pelatihan ini diharapan dapat merumuskan kesepakatan-kesepakatan bisnis yang pada akhirnya akan mengetas ketertinggalan usaha UMKM di Kabupaten OKU.

"Dengan pelatihan ini diharapkan pelaku UMKM nantinya bisa meraih peluang pasar segmen seperti dari Alfamart," harapnya.

Belum Banyak UMKM di OKU yang Masuk Pasar Modern

Pelaksana Harian Bupati OKU, Edwar Chandra mengapresiasi pimpinan dan jajaran Alfamart yang telah menggagas kegiatan pelatihan manajamen ritel bagi para pelaku UMKM di Kabupaten OKU.

"Seperti diketahui saat ini hanya satu persen dari 42.000 pelaku UMKM yang ada di Kabupaten OKU yang mampu masuk dalam pasar modern," jelasnya.

Oleh karena itu, Bupati berharap keberadaan perusahaan Alfamart di wilayahnya dapat mendukung eksistensi pelaku UMKM di Kabupaten OKU untuk meningkatkan akses kemampuan pasar sehingga produk yang disajikan dapat mengakses pasar modern.

Ikuti terus  berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.