45 Operasi Pertolongan SAR Pangkalpinang Selama Tahun 2021, Kecelakaan Laut Jadi yang Tertinggi
SAR Pangkalpinang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sebanyak 45 operasi pertolongan telah dilakukan oleh SAR Kelas B Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung , selama tahun 2021. Operasi pertolongan tersebut meliputi penanganan kecelakaan kapal maupun bencana alam di darat.

Fazzli, Kepala Kantor SAR Kelas B Pangkalpinang , menambahkan 45 operasi pertolongan tersebut di Pulau Bangka dan Pulau Belitung.

"Puluhan operasi pertolongan yang berhasil kami lakukan masing-masing sebanyak 23 kecelakaan kapal, 17 kondisi membahayakan manusia, dan lima bencana alam," jelasnya.

Operasi Pertolongan SAR Pangkalpinang Selama 2021

Dia menjelaskan dalam penanganan di lapangan mendapat dukungan TNI, Polri, BPBD di daerah masing-masing, termasuk relawan dan masyarakat.

"Saya memberikan apresiasi kepada TNI, Polri, BPBD, dan pihak lainnya dalam membantu penanganan operasi pertolongan, tanpa bantuan instansi terkait tentu hasilnya tidak akan berjalan lancar seperti yang diharapkan," jelasnya.

Fazzli mengatakan pola sinergi antarlembaga dan pihak lain menjadi salah satu program 2022, termasuk edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga keselamatan saat melakukan aktivitas baik di perairan maupun di daratan.

"Pemahaman penting menjaga keselamatan sebagai langkah pencegahan awal bencana yang dapat mengakibatkan korban jiwa atau kerugian materil," ujarnya.

Kecelakaan Laut Menjadi Kasus Tertinggi yang Ditangani SAR Pangkalpinang  

Dari data kecelakaan laut yang masih tinggi, kata dia, maka perlu meningkatkan peningkatan keselamatan keselamatan, terutama nelayan tradisional yang harus melengkapi sarana keselamatan di kapalnya, terlebih kondisi cuaca di perairan laut dapat berubah seketika tanpa diketahui terlebih dahulu dahulu.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel