Sumsel Merealisasikan Program Vaksinasi COVID-19 Sebanyak 76,5 Persen Penduduk
Gubernur Sumsel (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Program vaksinasi COVID-19 di Provinsi Sumatera Selatan untuk dosis pertama terealisasi mencapai 76,5 persen dari jumlah keseluruhan penduduknya.

Herman Deru, Gubernur Sumsel Herman Deru, menyampaikan capaian ini melampaui target karena sebelumnya ditargetkan 70 persen hingga 31 Desember 2021.

“Pencapaian baik ini berkat program keroyokan vaksin yang melibatkan seluruh komponen masyarakat,” kata dia.

Walau telah tercapai target, tapi Pemprov Sumsel tak menghentikan program vaksin ini karena menargetkan seluruh warga divaksin COVID-10. Ini bertujuan untuk pembentukan kekebalan kelompok (herd immunity).

Saya yakin ini akan cepat tercapai hingga 100 persen jika semuanya akan tetap semangat dan selalu bersinergi seperti ini, kata dia.

Data Capaian Vaksinasi COVID-19 di Sumatera Selatan

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Lesty Nurainy mengatakan sebanyak 4.796.819 orang warga Sumsel yang sudah di vaksinasi dari total sasaran 6.303.096 orang.

Pencapaian tersebut tak lepas dari adanya tambahan kuota vaksin yang diterima setiap bulan. Pada pertengahan tahun, pasokan vaksin hanya 300.000 dosis per bulan, namun pada November 2021 meningkat menjadi 700.000 dosis per bulan.

Pasokan vaksin tercukupi dan antusiasme masyarakat untuk divaksin sangat tinggi. Seluruh kabupaten dan kota sudah di atas 70 persen untuk dosis satu, kata dia.

Meski sudah mencapai kekebalan komunal, kata dia, perlu peningkatan cakupan vaksinasi dosis kedua karena secara komulatif 42,92 persen atau 2.705.341 warga.

Optimalisasi Program Vaksinasi Lansia di Sumatera Selatan

Begitu juga dengan optimalisasi vaksinasi bagi kaum lanjut usia yang baru mencapai 62,12 persen dosis satu dan 29,77 persen untuk suntikan kedua.

Vaksin bagi lansia terjadi peningkatan signifikan, rata-rata 50 persen ke atas, bahkan ada daerah yang di atas 100 persen, kata dia.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.