Pemkab Bangka Barat Gelar Sayembara Motif Batik, PT Timah Berikan Dukungan untuk Ekonomi Kreatif
Sayembara motif batik Bangka Barat (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sayembara motif batik khas daerah diselenggarakan oleh Pemkab Bangka Barat, Provinsi Kepualuan Bangka Belitung. PT Timah memberikan dukungan atas kegiatan tersebut sebagai komitmen perusahaan mengembangkan ekonomi kreatif masyarakat.

Ridwan, Plt Asisten I Setda Bangka Barat, saat menyaksikan penyerahan bantuan PT Timah Tbk di Muntok, Minggu mengatakan kegiatan lomba atau sayembara motif batik khas Bangka Barat ini sudah dimulai sejak 1 hingga 25 November 2021. Hasilnya nanti akan diumumkan setelah dinilai Dewan Juri.

"Untuk spesifikasi penilaian motif batik yaitu kearifan lokal, budaya, bangunan sejarah, kuliner yang merupakan khas Bangka Barat, yang menggambarkan situasi atau icon-icon Bangka Barat," katanya.

Dukungan PT Timah Sangat Membantu Kegiatan Sayembara Batik Khas Bangka Barat

Menurut dia dalam membangun daerah ini memang tiga komponen atau tiga Pilar yang tidak dapat dipisahkan, yang pertama pemerintah daerah, pihak ketiga, dan masyarakat, dan semua itu saling berjalan dan mendukung pembangunan daerah ini.

"Dukungan PT Timah ini sangat membantu, karena tanpa adanya bantuan PT Timah mungkin kegiatan ini tidak akan bisa berjalan kegiatan lomba ini," katanya.

Motif Batik Khas Bangka Barat

Panitia Sayembara Motif Batik Bangka Barat Tri Handayani mengatakan dilaksanakan kegiatan untuk mencari batik khas Bangka Barat dan meningkatkan ekonomi kreatif Bangka Barat.

"Kami dari panitia bersama mengadakan sayembara Motif Batik Bangka Barat, Tujuan akhirnya itu Bangka Barat ingin mempunyai ciri khas Batik Bangka Barat dan meningkatkan ekonomi kreatif seperti itu," kata Tri. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.