Mensos Risma Ungkap Ada Anggaran Bansos bagi Anak yang Kehilangan Orang Tua di Masa COVID-19
Ilustrasi seorang anak memegang balon (Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG - Tri Rismaharini, Menteri Sosial mengungkapkan, kementeriannya mempunyai anggaran bantuan bagi anak-anak yang orang tuanya meninggal di masa COVID-19. Namun bansos tersebut masih dalam tahap pengungkit dan belum disalurkan.

"Sebetulnya kami ada anggaran untuk memberikan bantuan untuk anak-anak," ujar Risma kepada wartawan di Mabes Polri, Selasa, 2 November.

Data Anak yang Terdampak Pandemi COVID-19

Verifikasi yang dimaksud yakni mendata jumlah anak-anak yang ditemukan. Sebab, sejauh ini berdasarkan data Kementerian Sosial (Kemensos) tercatat 24 ribu anak yang ditemukan.

Karena itu, kata Mensos Risma, masih diperlukan pendataan di tingkat daerah. Sehingga, bantuan bagi seluruh anak yang kehilangan orangtua akibat COVID-19 dapat disalurkan dengan baik.

"Kita belum pengungkit detail karena ini dibutuhkan kecepatan dari daerah untuk mendata mereka," ungkap Risma.

Bantuan dari Kemensos kepada Anak-anak Terdampak Pandemi COVID-19

Meski tak merinci bentuk bantuan yang bakal diberikan, Risma menyebut bantuan itu dapat digunakan agar anak-anak tetap menyediakan sekolah. Sehingga, pendidikan mereka terjamin dan bisa mencapai cita-cita mereka.

"Mereka tetap semangat bahwa mereka tetap bisa sekolah karena mereka menerima bantuan sosial agar bisa sekolah," singkat Risma.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .