Tips Jualan Buah agar Tidak Cepat Busuk, Perhatikan Cara Penyimpanannya
Ilustrasi jualan buah (Unsplash/Melissa Askew)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Jualan buah menjadi ide bisnis yang menjanjikan. Setiap harinya selalu ada orang yang mencari buah, mulai untuk makanan keluarga, sajian tamu, hingga program diet. Namun di balik itu bisnis buah juga memiliki risiko. yaitu saat buah dagangannya cepat busuk. Namun tenang karena ada tips jualan buah agar tidak cepat busuk. 

Apabila buah yang dijajakan di lapak cepat busuk maka penjual akan mengalami banyak kerugian. Oleh karena itu, penjual buah harus pandai menyimpan buah biar awet dan tahan lama. Lantas bagaimana cara menyimpan buah yang benar agar tidak cepat busuk?

Tips Jualan Buah agar Tidak Cepat Busuk

Buah menjadi kebutuhan banyak orang sebagai asupan yang bermanfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu berjualan buah cukup menggiurkan sebagai sumber penghasilan. Namun buah tergolong dalam kategori bahan yang tidak tahan lama. Penjual harus tahu cara menyimpan buah yang benar. 

Berikut tips atau cara menyimpan buah dagangan agar awet:

Menggunakan Alas Kering

Salah satu tips agar buah tidak cepat busuk adalah ditaruh di atas alas kering. Gunakan alas kering untuk menutupi dasar kotak atau tempat penyimpanan buah. Jangan gunakan alas yang basah karena bisa mempercepat perkembangan bakteri yang dapat merusak buah.

Anda bisa menggunakan beberapa alas, seperti kertas bertekstur atau tisu dapur. Sementara itu, ada buah tertentu yang sebaiknya ditaruh di wadah yang kedap udara. Dengan cara ini, kelembaban buah bisa terjaga sehingga buah menjadi awet dan tahan lama. 

Menjaga Suhu Ruangan

Suhu ruangan yang tidak terkondisikan juga bisa membuat buah cepat busuk. Oleh karena itu, pastikan suhu ruangan tempat menaruh buah harus selalu terjaga, yaitu tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Selain itu, Anda juga buah yang harus disimpan di kulkas atau lemari pendingin. Anda harus membedakan jenis-jenis buah berdasarkan kecocokan tempat penyimpanannya. 

Menjaga suhu udara dapat memperlambat proses pembusukan pada buah. Cara ini juga berguna untuk memperlambat perkembangan bakteri yang  bisa merusak lapisan luar buah. 

Usahakan Buah dalam Kondisi Kering

Tips selanjutnya agar buah tidak cepat busuk adalah dengan menjaga buah tetap dalam kondisi kering. Buah yang basah atau mendapat kadar air yang berlebih biasanya tidak tahan lama. Kondisi tersebut akan membuat buah cepat busuk. 

Bakteri juga bisa berkembang lebih cepat pada buah yang basah dibandingkan buah yang kondisinya kering. Jadi sebelum meletakkan buah di kotak penyimpanan, pastikan kondisi buah dalam keadaan kering. 

Menjaga Kebersihan Kotak Penyimpanan

Tempat yang kotor juga menjadi faktor yang menyebabkan buah cepat busuk. Jadi pastikan tempat penyimpanannya selalu bersih. Anda bisa membersihkannya secara berkala. Begitu juga dengan buah yang disimpan di kulkas. Anda juga perlu membersihkan kulkas jangan sampai ada kotoran yang menumpuk. Selain itu, pisahkan buah agar tidak bercampur dengan bahan makanan lainnya. 

Memisahkan Jenis Buah

Setiap jenis buah perlu ditaruh di tempat yang berbeda. Selain itu, Anda perlu memisahkan buah yang masih segar dengan buah yang mulai tua atau membusuk. Apabila Anda mencampurkannya secara sembarangan, maka bakteri dari buah busuk bisa menyebar dan merusak buah yang masih fresh. 

Oleh karena itu, penjual perlu rutin mengecek buah-buah dagangannya. Jika menemukan buah yang mulai membusuk, segera pisahkan buah tersebut di tempat lain. Dengan begitu Anda tidak akan mengalami banyak kerugian akibat buah yang busuk. 

Jangan Mencuci Buah

Tips lain untuk menjaga buah agar tidak cepat busuk adalah dengan tidak mencucinya. Namun ada juga penjual buah yang menyajikan buahnya dalam kondisi bersih karena sudah dicuci. Hal ini sebenarnya tidak masalah, asalkan pengeringannya dilakukan secara benar. Pastikan buah yang habis dicuci benar-benar kering sempurna. 

Buah yang tidak dicuci bisa terhidar dari membusuk cepat. Terlebih bagi jenis buah yang tidak memerlukan udara lembab. Jadi pastikan untuk tidak mencuci beberapa jenis buah. 

Demikian tips jualan buah agar tidak cepat busuk. Penjual wajib tahu cara merawat dan menyimpan buahnya dengan benar agar dagangnnya awet dan tahan lama. Penjual juga harus paham jenis-jenis buah, karakternya, hingga perawatan yang cocok untuk buah tersebut. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.