Resep Rahasia Memasak Nasi Merah yang Hasilnya Pulen, Dijamin Anti Gagal
Ilustrasi nasi merah (David Gabrielyan/Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG- Nasi merah menjadi konsumsi yang sangat disarankan bagi pelaku program diet atau sedang menerapkan pola hidup sehat. Makanan yang biasanya adalah nasi putih, dalam kebutuhan tersebut kemudian disarankan untuk menggati penggunaan nasi merah.

Nasi merah dinilai lebih bernutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan, termasuk mengontrol  gula darah  dan mengurangi risiko  obesitas

Dari segi tekstur dan rasa, nasi merah memang berbeda dari nasi putih biasa. Nasi merah cenderung kering dan keras sehingga butuh adaptasi bila ingin mengonsumsinya dalam jangka panjang. Tapi kalau Anda ingin makan nasi merah yang pulen dan lembut, bisa saja! Bagaimana caranya? Simak tips berikut ini.

Cuci beras 2-3 kali 

Sebelum mulai memasak, Anda bisa mencuci beras yang sudah dimasak selama 2-3 kali bilasan dengan air bersih. Tidak perlu terlalu banyak agar vitamin dalam tidak larut bersama air. Yang penting semua kotoran yang mungkin menempel sudah terbawa dengan udara, jadi tidak perlu melihat terlalu lama ya. 

Rendam sebelum dimasak

Agar tekstur nasi tidak kering dan teras keras, Anda bisa merendam beras sebelum dimasak. Kalau sudah lihat, Anda bisa merendam beras merah di air selama 30 menit. Dengan cara ini, beras akan jadi lebih lunak sehingga hasilnya bisa empuk, pulen, dan lebih enak saat dimakan. Buat yang tak suka mengonsumsi nasi merah karena alasan seret, langkah ini patut dicoba.

Masak dengan air lebih banyak 

Memang pada dasarnya tekstur beras merah ini lebih keras dibanding beras putih. Maka dari itu, untuk membuat nasi merah pulen, Anda butuh air lebih banyak. Takarannya bisa ada dua alternatif, yaitu tiga gelas air untuk tiga gelas beras. Bisa juga 2 gelas air untuk satu gelas beras. Memasak dengan air yang cukup banyak akan menghasilkan nasi merah pulen dan nikmat. 

Campur dengan beras putih

Kalau ternyata tipe beras merah yang Anda punya tetap terasa kering saat dimakan, coba campur dengan nasi putih. Takarannya bisa disesuaikan aja, apakah 1:2 atau 1:1. Anda bisa mencoba berbagai metode masak nasi merah sampai menemukan yang paling pas. Pasalnya kadang beda merk beras, rasa dan teksturnya pun bisa berbeda. 

Masak nasi manual

Anda pun bisa coba masak nasi secara manual, bukan penanak nasi pakai. Jadi untuk memasak nasi merah manual ini melewati dua kali proses memasak, yaitu merebus dengan udara lalu ditanak dengan dandang. Proses masak nasi yang lebih panjang dan melibatkan banyak air ini akhirnya membuat nasi merah lebih lembut.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul Anti Gagal, Mulai Rahasia Memasak Nasi Merah Jadi Pulen . Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .