Fase Pertumbuhan Gigi pada Bayi dan 5 Ciri-Cirinya yang Wajib Diketahui Bunda
Ilustrasi bayi (Victoria Borodinova/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Fase pertumbuhan gigi bayi akan dimulai ketika beranjak dari usia 4-7. Pada masa tersebut si kecil akan mengalami kemunculan gigi pertama. Munculnya gigi dimulai dari dua gigi bawah paling depan, lalu dua gigi paling atas depan, dan sisa gigi lainnya menyusul.

Setiap bayi memiliki fase pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, tetapi gejalanya sama semua. Hal itu wajib dijangkau oleh orang tua . Sama-sama membuat Anda kelimpungan. Ini lima ciri-ciri bayi Anda sedang tumbuh gigi!

1. Sering rewel

Laju pertumbuhan gigi bayi sangat cepat, terutama di malam hari. Kalau bayi Anda sering terlihat rewel di usia 4-7 bulan, maka Anda bisa cek giginya. Mungkin saja sedang tumbuh gigi pertama. Rewel bayi akan lebih terasa di malam hari. Bersiaplah, ya!

2. Banyak mengeluarkan air liur

Sampai saat ini belum ada alasan atau penelitian yang menghubungkan pertumbuhan gigi bayi dengan jumlah air liurnya yang berlebihan. Namun dalam banyak kasus, jumlah produksi air pada bayi akan meningkat saat di tengah tumbuh gigi. 

3. Suka menggigit

Tumbuh gigi membuat gusi bayi jadi terasa gatal. Untuk menghilangkannya, mayoritas bayi akan cenderung memilih barang-barang yang ada di sekitarnya. Supaya kesehatannya terjaga, siapkan teether yang bersih dan aman untuk gigi bayi.

4. Susah makan

Kalau biasanya bayi Anda melakukan hisapan ASI atau menyantap MPASInya, ketika giginya tumbuh maka kegiatan makannya akan berkurang. Si kecil jadi susah makan karena rasa tidak nyaman yang dialaminya di area mulut. Jangan panik, ya. Berikan bayi makanan yang mudah dicerna dan tidak dibuat untuk disimpan.

5. Sering kali telinga atau menarik pipi

Rasa gatal dan tidak nyaman karena tumbuh membuat bayi sering terlihat memegang telinga atau pipinya. Dia berusaha memberikan tanda jika dia tengah merasa tidak nyaman, tetapi tidak mampu mengalahkan gusi bagian dalam.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul 5 Ciri-ciri Bayi Sedang Tumbuh Gigi, Simak ya Bunda . Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel .