8 Sikap Sopan Santun yang Harus Orang Tua Ajarkan Kepada Anak Sejak Dini
Ilustrasi mengajarkan sopan santun pada anak (Pexels/Kampus Production)

Bagikan:

PALEMBANG- Salah satu keterampilan sosial yang penting dalam berperilaku di kehidupan adalah sopan santun. Kesopanan perlu diajarkan kepada anak sejak kecil supaya terbiasa pada saat dewasa nanti.

Dilansir Boldsky, Selasa, 31 Agustus, untuk mulai mengajarkan, orang tua bisa dengan cara yang paling sederhana seperti 8 daftar berikut di bawah ini.

  1. Mengucapkan kata “terima kasih” dan “tolong”

Mengucapkan “terima kasih” dan “tolong” perlu dibiasakan. Anda bisa mengajarkan pada anak bahkan sebelum ia sekolah. Caranya dengan memberi contoh mengucapkan kedua kata tersebut ketika membutuhkan bantuan atau menerima bantuan.

  1. Meminta

    maaf

Berbeda dengan ucapan yang diekspresikan ketika menerima atau membutuhkan bantuan. Kata “maaf” diucapkan ketika melakukan kesalahan. Diucapkan juga ketika menyesal dan permintaan izin untuk melakukan sesuatu.

  1. Menghormati orang tua dan orang yang lebih tua

Dalam norma kesopanan di masyarakat, menghormati orang tua dan orang yang lebih tua perlu diajarkan pada anak-anak. Mulai dari cara bertutur kepada orang tua hingga memperlakukan orang yang lebih tua dengan sopan.

  1. Tertib di meja makan

Sejak masih kecil, anak-anak perlu dikenalkan dengan alat makan dan fungsinya. Paling sederhana fungsi piring, sendok, dan garpu. Kemudian mengajarkan cara duduk dan makan yang sopan.

  1. Ajarkan untuk menjadi pendengar yang baik

Setiap orang perlu belajar perilaku sopan pada poin kelima ini, yaitu menjadi pendengar yang baik. Sebelum kalimat selesai, ajarkan untuk tidak memotong dan memikirkan kata-kata yang pantas atau tidak untuk diucapkan.

  1. Memberikan bantuan kepada yang membutuhkan

Dari lingkungan terdekat, misalnya, ketika Anda membutuhkan bantuan untuk mengambil suatu barang. Orang tua bisa memulai atau memberikan contoh tentang perilaku memberikan bantuan kepada yang membutuhkan. Lebih luas lagi, Anda bisa mengajarkan bagaimana memberikan uluran bantuan pada orang lain.

  1. Memperlakukan orang lain dengan baik

Orang tua bisa memberikan ilustrasi dengan cerita atau dongeng yang menggambarkan cara-cara tepat memperlakukan orang lain. Anak juga perlu mengetahui bahwa jika tidak ingin diperlakukan buruk, penting untuk memperlakukan orang lain dengan baik.

  1. Menghormati sesama

Bahkan kepada teman sebayanya, anak juga perlu menghormati. Tidak mengejek atau tidak merendahkan posisi satu sama lain. Perilaku menghargai pada sesama, apabila diajarkan sejak dini bisa berguna untuk mencegah bullying.

Ajarkan pula untuk tidak berperilaku diskriminatif berdasarkan warna kulit, kekayaan, pekerjaan, ras, gender, maupun agama.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.