Mengenal Sosiopat; Gangguan Kepribadian Seseorang yang Sulit Berempati
Ilustrasi orang anti sosial (Keira Burton/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Orang yang memiliki gangguan kepribadian antisosial disebut dengan sosiopat. Seorang sosiopat cenderung tidak peduli dengan perbuatannya yang berdampak pada sekitar, apakah itu merugikan diri sendiri atau orang lain baik kesehatan mental maupun fisik. Dan ini memperhatikan hati tanpa memperhatikan aturan-aturan yang ada.

Melansir dari laman Fimela, Kamis, 23 September, berikut ini beberapa ciri sosiopat yang bisa dikenal.

Kurang berempati

Kurangnya empati adalah salah satu tanda sosiopat yang paling mudah dikenal, terutama ketidakmampuan untuk menyesali tindakannya. Sehingga mereka agak bebas untuk melakukan apa saja dan tidak peduli dengan perasaan orang lain.

Sulit menjalin hubungan

Orang yang sosiopat juga merasa sulit untuk menjalin hubungan emosional , sehingga hubungan mereka seringkali tidak stabil. Dan ini membuatnya berpikir untuk mencari keuntungan dalam hubungan tersebut, melalui penipuan atau penipuan

Manipulatif

Sosiopat mencoba merayu dan mengambil hati orang-orang di sekitar mereka untuk keuntungan mereka sendiri atau untuk hiburan. Seorang sosiopat sangat mudah berharap orang lain hanya dengan kata-katanya.

Tidak berperasaan

Beberapa mungkin terbuka untuk melakukan kekerasan dan agresif, tapi seorang sosiopat cenderung menunjukkan ketidakpedulian terhadap perasaan orang lain.

Senang permusuhan

Sosiopat tidak hanya memusuhi diri mereka sendiri, tetapi mereka lebih mengarah pada perilaku orang lain sebagai permusuhan, yang mendorong mereka untuk membalas dendam.

Tidak punya teman

Orang dengan gangguan kepribadian antisosial biasanya tidak memiliki teman. Pada beberapa kasus, seorang sosiopat mungkin saja memiliki teman. Namun, tidak ada hubungan yang mendalam.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .