5 Alasan Tidak Baik Langsung Minum Teh Manis Saat Buka Puasa, Pasti Anda Belum Tahu?
Ilustrasi minum teh manis saat buka puasa (Unsplash/Reyhaneh Mehrnejad)

Bagikan:

PALEMBANG - Santapan makanan saat buka puasa menjadi hal istimewa bagi umat muslim setelah menjalani puasa, menahan lapar dan haus seharian. Banyak masyarakat yang memilih menyeruput teh mans saat berbuka puasa. Nikmatnya teh manis dan tiga buah kurma sering menjadi pembuka sesi berbuka.

Tetapi ternyata, kandungan teh bisa memengaruhi kesehatan pencernaan dan metabolisme Anda. Terutama ketika diminum dalam perut kosong, seperti sewaktu-waktu setelah berkumandang adzan maghrib pada bulan Ramadhan atau saat pagi pembukaan hari. Berikut alasan mengapa jangan lansung minum teh manis saat berbuka puasa.

1. Mengganggu aktivitas metabolisme

Minum teh saat perut kosong, bisa mengganggu metabolisme karena zat asam dan basa dalam perut tidak seimbang. Maka, jangan langsung minum teh manis saat buka puasa. Bukalah dengan air mineral dan beri jeda 15-20 menit untuk minum teh, saran Rujuta Diwekar, nutrisionis dilansir  NDTV , Kamis, 21 April. Saat jeda, Anda bisa mengisi perut dengan buah atau kurma sebelum minum teh.

2. Merasa haus terus

Teh bersifat diuretik yang menghilangkan air dari tubuh. Saat berpuasa, Anda sudah kehilangan cairan karena tidak minum dan makan selama lebih dari 8 jam. Maka tubuh akan mengalami kekurangan cairan berlebihan jika langsung dibuka dengan minum minuman ini.

3. Bikin mual dan pusing

Sama seperti kopi, hanya saja keduanya memiliki tingkat kafein yang berbeda. Teh bisa bikin mual dan pusing ketika langsung diminum saat berbuka puasa.  Nah, saat perut kosong, paling tepat diisi dengan minuman yang netral seperti air mineral.

4. Penyerapan zat besi menurun

Mengutip Boldsky, teh hijau ternyata dapat menurunkan efektivitas penyerapan zat besi. Jadi bagi Anda yang cenderung mengalami anemia, sebaiknya tidak minum teh saat perut kosong karena zat besi dari sumber makanan lain tidak bisa terserap maksimal oleh tubuh.

5. Menyebabkan konstipasi

Teh mengandung senyawa kimia yang disebut theophylline. Efek dari senyawa tersebut selain membuat cairan tubuh menurun, juga menyebabkan konstipasi. Artinya, isi dulu perut dengan minuman lain selain teh. Baru setelah terisi, Anda bisa menikmati teh manis dengan aroma wangi.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.