Rekomendasi 5 Ide Kreatif Menggunakan Bath Salt untuk Perawatan Tubuh
Ilustrasi Bath Salt (Roberto Nickson/Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG- Tren bath salt atau mandi garam cukup digemari di kalangan kaum wanita. Berbeda dari garam dapur biasa, bath salt umumnya terbuat dari garam Epsom dan garam laut.

Epsom salt sendiri merupakan sumber magnesium sulfat yang menawarkan banyak manfaat, termasuk menurunkan tekanan darah dan meredakan inflamasi kulit. Tidak sekadar untuk relaksasi, berikut beragam cara kreatif untuk menggunakan bath salt di rumah. 

Rendaman Detoks

Mineral pada rendaman garam Epsom dapat “menarik” toksin yang terjebak di dalam tubuh. Selain detoksifikasi, ritual berendam ini juga dapat mengatasi konstipasi, melepas stres, sampai mempercepat penurunan berat badan jika Anda sedang dalam program. Jika dilakukan secara rutin, ritual detox bath dengan Epsom salt ini pun akan membuat tubuh semakin bugar. 

Caranya:

- Larutkan dua cangkir garam Epsom untuk bathtub berukuran standar. Pastikan untuk menuangkannya tepat di aliran air agar garam lebih cepat larut.

- Tambahkan minyak esensial lavender atau peppermint untuk menambah efek relaksasi dan melegakan. 

- Berendamlah selama 15 menit, atau 20 menit jika Anda sedang mengalami konstipasi.

Meregangkan Otot

Bath salt juga dapat dimanfaatkan untuk merelaksasi otot yang tegang dan mengurangi inflamasi. 

Caranya:

- Larutkan dua cangkir garam Epsom ke dalam air hangat di bath tub.

- Tambahkan dua tetes minyak esensial cinnamon bark. Selain memberikan rasa hangat, cinnamon bark juga memiliki sifat antioksidan serta antiinflamasi yang dapat meringankan nyeri otot.

- Berendam selama 12 menit.

Untuk Kulit Iritasi

Air garam dikenal dapat meredakan iritasi dan inflamasi pada kulit yang disebabkan oleh eksim, psoriasis, dermatitis kontak, sampai infeksi jamur. 

Caranya: 

- Larutkan satu cangkir garam Epsom/garam laut/garam dapur ke dalam bathtub untuk berendam seluruh tubuh. 

- Pastikan air bersuhu ruangan.

- Tambahkan tiga sampai empat tetes minyak tea tree. Khasiat antiseptik dan antimikroba dalam tea tree efektif untuk mengatasi infeksi kulit minor secara alami.

- Berendam selama 20 menit.

Artikel ini pernah tayang di VOI Sumsel dengan judul 5 Ide Kreatif Menggunakan Bath Salt untuk Perawatan Tubuh. Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.