8 Cara Berpikir Kreatif untuk Menunjang Hasil Kerja yang Baik dan Inovatif
Ilustrasi white board (Pexels/Malte Luk)

Bagikan:

PALEMBANG- Salah satu soft skill yang wajib dimiliki oleh setiap orang dalah kemampuan untuk berpikir kreatif. Ketika berpikir kreatif, saat itulah sesorang menuangkan gagasan atau ide yang berasal dari cerapan indera.

 Mungkin bagi beberapa orang, pekerjaan yang berhubungan dengan daya berpikir kreatif sanga mudah diselesaikan. Tidak jarang mengalami produksi ide terhenti atau dikembangkan menjadi satu karya besar.

Mengapa cerapan indera? Manusia memiliki lima cara untuk menangkap fakta di sekitarnya, antara lain dengan melihat, mendengar, merasakan, meraba, dan membaui. Dari kelima indera tersebut, proses berpikir kreatif dapat berkembang dan beranak-pinak.

Setiap orang memiliki kapasitas masing-masing dalam berpikir kreatif, tetapi bukan batas. Artinya setiap orang dapat mengembangkan kreativitasnya seperti beberapa aktivitas atau kebiasaannya sehari-hari.

Ingin tahu cara atau tips berpikir kreatif yang umum dilakukan? Berikut daftarnya.

Berpikir kreatif tumbuh ketika kondisi lelah

Meski fakta ini tidak mengenakkan, Anda harus menunggu lelah untuk menjadi kreatif. Yang diperlukan adalah mengenali pikiran yang bertualang. Semakin jauh pikiran, maka semakin luas area yang terkait dan bisa diolah menjadi gagasan.

Karakter bekerja diketahui secara umum ada dua, yaitu  morning lark  atau  night owl . Jika Anda termasuk orang yang lebih produktif pagi hari, maka wawasan kreatif akan lebih mudah ditemukan saat malam hari, pada saat terlelah.

Berdasarkan penelitian otak, ketika lelah otak lebih selektif dan tidak mudah terganggu atau lebih fokus.

Olahraga meningkatkan kreativitas

Apa gerakan yang membuat tubuh kreatif dengan tingkat berpikir kreatif? Melansir  Psychology Today , Senin, 8 Maret, berkeringat itu seperti pelumas engsel yang membuat otak berkarat jadi mengilap dan membuat pikiran lebih cair.

Tempat yang paling mendukung untuk berpikir kreatif

Seperti di kafe yang nyaman, Anda dapat menyelesaikan kerumitan satu proyek kreatif. Tempat bising yang dimaksud memperdengarkan suara lama-lamat tetapi tidak begitu jelas.

Dari tempat ini, tingkat konsentrasi lebih mudah dibangun. Berbeda dengan mendengarkan musik keras-keras atau hening, malah nongkrong di kafe bisa menghasilkan banyak ide.

Kebaruan sama dengan kelihaian membuat koneksi

Inovasi bukan perkara baru atau orisinal, tetapi bagaimana lihai dalam mengolah koneksi antar bidang. Hal-hal yang sudah ada bisa diolah sesuai kapasitas kreatif seseorang sehingga menghasilkan satu produk baru. Itu artinya, menjadi kreaif bukan hal mistis dan sulit. Tetapi lihai, tricky, dan butuh strategi.

Melakukan perjalanan

Dalam sebuah perjalanan, Anda dapat menemukan banyak hal. Mulai dari destinasi yang unik, inspiraif, norma dan kebiasaan yang berbeda serta wacana yang mulanya tak diketahui jadi tergali lebih mendalam. Maka, lakukan sesekali perjalanan untuk melahirkan ide-ide kreatif.

Mengatur cahaya dan warna ruangan

Dilansir dari FastCompany, ruangan dengan cahaya redup membuat lebih kreatif. Temuan ini dibuktikan dalam enam studi yang berbeda. Alasannya, dalam cahaya redup seseorang lebih bebas dalam mengeksplorasi.

Ruangan dengan warna biru dan hijau juga dapat meningkatkan kinerja kreatif seseorang. Kalau warna merah dapat meningkatkan kinerja kognitif seperti pekerjaan yang membutuhkan detail dan perlu fokus. Sedangkan warna biru dan hijau mampu meningkatkan kinerja kreatif.

Jauh dari batasan

Seperti diketahui banyak orang, bahwa batasan itu mempersempit berpikir kreatif. Dalam satu momen, kebutuhan kebebasan dalam menjelajahi pikiran untuk memicu ide kreatif lahir.

Cara terakhir untuk berpikir kreatif adalah tidur, bukan sederhana? Seorang peneliti keadaan menyebutkan hipnopompik ketika dikerjakan.

Saat pulas, ada gambaran visual dari mimpi yang masih tertinggal. Ketika mimpi tersebut terwujud, contohnya yang menemukan ide kreatif dari tidur adalah salah satu penulis Salvador Dali.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel .