Menanam Palem Kuning di Rumah untuk Undang Keberuntungan, Berikut Tips Merawatnya
Ilustrasi tanaman palem (Caitlin Steinlocke/Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG- Semenjak pandemi COVID-19 hobi merawat tanaman kembali muncul sebagai tren. Hobi yang satu ini ternyata sangat menyenangkan untuk dilakukan. Apalagi jika Anda memilih jenis tanaman yang bisa difungsikan untuk mempercantik interior tampilan rumah seperti palem kuning atau dypsis lutescens.

Palem kuning memiliki karakter daun berbentuk menyirip dan memiliki tampilan estetik sehingga cocok ditempatkan di dalam hunian. Dapat tumbuh secara mudah di lingkungan beriklim tropis seperti Indonesia, tanaman palem kuning pun sangatlah praktis dari segi perawatan sehingga tak akan merepotkan Anda dalam menanamnya.

Jika Anda tertarik untuk menanam palem kuning, setidaknya ada lima cara yang bisa Anda lakukan. Cara tersebut tidak sulit dilakukan jika Anda mengikutinya dengan tepat. Dilansir dari laman Dekoruma, Jumat, 23 Juli, berikut tipsnya.

Siapkan bibit

Di pasaran, ada dua jenis bibit yang bisa digunakan, yakni bibit anakan atau biji. Pada umumnya, proses pembibitan dari biji memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi ketimbang bibit palem kuning anakan. Namun, pastikan Anda menggunakan biji dari indukan tanaman palem kuning yang kualitasnya bagus. 

Lakukan penyemaian dan siapkan media tanaman

Setelah menentukan bibit, selanjutnya lakukan proses penyemaian. Silakan tunggu beberapa hari hingga tunas palem kuning muncul ke atas permukaan tanah, lalu pindahkan tunas tersebut ke media tanam. Anda bisa menggunakan media tanam dari campuran pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 1:1 dan jangan lupa perhatikan kadar pH media tanam untuk berada pada kadar 6,5 agar proses pertumbuhan palem kuning lebih maksimal.  

Siram secara berkala

Sama seperti jenis tanaman lainnya, Anda harus merawat tanaman palem kuning secara berkala. Siram palem kuning dua hari sekali untuk menjaga kualitasnya. Kurangi intensitas penyiraman saat musim hujan untuk mencegah pembusukan akar.

Beri pupuk dan ganti media tanam

Ganti pupuk dan media tanam secara berkala agar unsur hara di dalamnya tetap seimbang. Untuk pupuknya, Anda bisa menggunakan pupuk organik maupun non-organik dengan kadar setengah sendok teh per sekali pakai. 

Simpan di tempat yang tepat

Selain bisa diletakkan di halaman rumah, palem kuning juga bisa Anda taruh di dalam rumah. Tanaman ini cukup tahan di dalam ruangan ber-AC, lho. Tapi, jangan lupa sesekali keluarkan tanaman agar terkena sinar matahari guna menjaga kesegarannya, ya. 

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul Perbanyak Keberuntungan di Rumah dengan Menanam Tanaman Palem Kuning. Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.