Cara Merawat Tanaman Gantung yang Bikin Rumah Lebih Estetik
Ilustrasi tanaman gantung (Angele Kamp/Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG- Kegiatan menanam atau merawat tanaman kini sedang menjadi hobi yang digemari banyak orang. Jika Anda tertarik untuk bertanam namun bingung karena lahan di rumah sempit, tanaman gantung bisa menjadi solusi yang bisa ditempatkan di teras atau depan jendela rumah.

Bukan hanya akan meningkatkan estetika rumah, tapi juga Anda akan merasa semakin nyaman berada di rumah. Nah, sebelum berniat mencoba, perhatikan dulu tips merawat tanaman gantung berikut:

ketersediaan jenis tanaman hias

Umumnya, hampir semua tanaman bisa ditanam dalam pot sesuai keinginan Anda, namun beberapa tanaman dengan akar ekstensif atau panjang bisa merusak pot. Maka, penting untuk mengetahui secara detail jenis tanaman yang ingin di rawat.

Cari tahu juga detail perawatan sesuai jenisnya sehingga Anda tidak memiliki kesulitan di masa depan. Bagi pemula dan tidak ingin repot bisa memilih tanaman tropis karena karakternya yang tahan panas dan mudah beradaptasi terhadap lingkungan, seperti bunga sepatu, euphorbia, lili paris, dan fuschia.

Pilih pot sesuai karakter tanaman

pilihan memilih hanya karena tampilannya. Pot adalah hal krusial saat memilih tanaman hias. Selain karena pot terdiri dari berbagai bahan seperti plastik, keramik, atau tanah liat, pemilihan pot yang tepat juga akan memengaruhi tingkat kelembaban yang tepat. Misal, Anda ingin menanam kantong semar, akan lebih baik jika Anda menggunakan pot dari tanah liat karena karakternya yang lebih tepat.

Sesuaikan tali gantungan

Saat memilih tali untuk tanaman gantung, bukan hanya berdasarkan kekuatan, tapi juga keindahan. Anda tidak boleh menggunakan agar pemandangan rumah terlihat lebih cantik dan Instagramable.

di daerah sejuk

Pilih area yang sejuk dan terlindung dari sinar matahari langsung untuk meletakkan tanaman gantung sehingga pertumbuhannya lebih maksimal. Namun, pastikan tetap melakukan penyinaran rutin 1-2 jam setiap pagi hari. Perhatikan juga letak tanaman gantung agar tidak berdekatan dengan orang lalang di rumah. Hal ini untuk menghindari kehadiran antara pot dan orang yang lalu-lalang.

Memangkas dengan rutin

Bentuk Perhatian lainnya adalah dengan menanam tanaman secara rutin agar terlihat cantik. Luangkan waktu untuk melakukan pemangkasan dan pastikan Anda hanya bagian-bagian yang dapat dikontrol, hingga mengomel, hingga daun. Proses ini juga penting dilakukan saat tanaman terkena hama sehingga mencegah penyebaran hama ke bagian tanaman lain. Selain itu, Anda juga bisa mengajak ngobrol tanaman sehingga pertumbuhannya semakin subur.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .