Sulit Jatuh Cinta Karena Trauma Memang Menyakitkan? Begini Cara Menyembuhkannya
Ilustrasi (Polina Zimmerman/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Kisah percintaan tak selamanya bertabur dengan kebahagiaan. kadang-kadang dapat menghadirkan suatu trauma atau pikiran.Trauma adalah jenis luka yang muncul karena pengalaman yang sulit, seperti kehilangan, bahaya, atau rasa malu yang mendalam.

Trauma pada masa lalu bisa menyebabkan seseorang takut jatuh cinta dan sulit membuka hati untuk orang lain. Menyembuhkan trauma cinta memang membutuhkan waktu yang lama, namun bukan berarti mustahil untuk disembuhkan.

Maka dari itu, ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mendukung diri sendiri melalui proses penyembuhan dan melindungi kesehatan emosional . Berikut ada beberapa cara menyembuhkan trauma cinta dengan mudah.

Mengakui dan menerima

Untuk bisa menghilangkan rasa trauma, Anda harus mampu mengakui dan menerima rasa trauma itu sendiri. Banyak orang yang memilih menolaknya. Padahal penyangkalan dapat memperlambat rasa sembuh dari trauma. Dengan belajar menerima, Anda bisa perlahan berdamai dengan trauma.

Jaga diri

Saat patah hati, biasanya seseorang enggan merawat diri dan lebih fokus pada rasa sedih yang dialami. Jika dibiarkan berlarut, bisa-bisa energi negatif membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pergi. Nah, untuk mengatasi hal tersebut percobaan diri dengan bernapas dalam-dalam, meditasi, dan olahraga untuk menghemat energi Anda.

Fokus pada diri sendiri

Daripada Anda membuang waktu untuk meratapi masa lalu dan menyesalinya terus menerus, lebih fokuskah diri untuk mengasah kemampuan. Fokus pada karier, studi, menekuni hobi yang sudah lama ditinggalkan, dan mencoba hal-hal baru.

Terapi

Jika Anda membutuhkan bantuan tambahan, jangan ragu menghubungi  terapis . Ini merupakan sumber yang bagus dalam membantu dan membantu melepaskan energi negatif yang merugikan. 

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul Takut Jatuh Cinta Karena Trauma? Begini Cara Menyembuhkannya . Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .