5 Jenis Tanaman Kaktus yang Paling Banyak Dikoleksi, Pilih yang Mana?
Ilustrasi kaktus (Pexels/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Hobi mengoleksi tanaman hias sedang menjadi tren dalam beberapa waktu terakhir. Salah satu jenis tanaman hias yang paling laris di pasaran yaitu kaktus.

Banyak orang memilih tanaman ini karena kaktus sangat cocok ditanam di wilayah beriklim tropis. Bentuknya bermacam-macam, pun dengan ukuran. Lalu, apa saja jenis kaktus yang paling diburu orang untuk mempercantik tampilan rumah?

Kaktus strawberry landak

Kaktus ini merupakan satu-satunya spesies kaktus yang memiliki bunga dalam keluarga Cactaceae. Tanaman ini sebagian besar dapat ditemukan di daerah gurun di barat daya Amerika Serikat dan beberapa dekat Meksiko termasuk Sonora, California, Arizona, Utah, dan Nevada.

Pada habitatnya mendukung, kaktus ini sangat populer dan sering digunakan sebagai tanaman hias lanskap. Tanaman hias ini sangat populer karena mudah beradaptasi dalam segala iklim. Banyak yang menanam tanaman hias ini dalam campuran media tanam pot yang sesuai, dengan drainase serta aerasi yang sangat baik.

Lilin Kaktus

Tempat lilin kaktus asli adalah di sekitar lereng bukit. Ini merupakan salah satu kaktus yang bisa mencapai 3m. Seperti dikutip dari The Spruce, Kamis, 8 Juli, ciri utama tanaman hias ini adalah batang berwarna hijau yang diselimuti oleh duri abu-abu. Bentuknya bisa menjadi sangat indah jika dirawat dengan baik.

Salah satunya dengan memperhatikan penyiramannya. Cara terbaik penyiraman pada kaktus ini adalah menghindari jumlah udara yang berlebihan.

Kaktus uban

Kaktus uban juga biasa dikenal sebagai kaktus orang tua. Ciri utama kaktus ini yaitu memiliki bulu putih halus di permukaan serta duri panjang yang berfungsi menjaga kesejukan di habitat yang mendukung.

Kaktus uban bisa mencapai tinggi 13 m, tetapi umumnya tanaman hias ini tumbuh lambat dalam pot. Kaktus uban bisa tumbuh subur di daerah yang terkena panas, kering, dan harus terkena sinar langsung.

Cara menanam kaktus uban yang tepat adalah menggunakan campuran pasir, perlit, dan tanah lapisan atas untuk pertumbuhan kaktus dalam ruangan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel .