5 Tanaman Hias yang Memiliki Bunga Putih; Menawarkan Kecantikan, Wangi, hingga Mistis
Ilustrasi tanaman hias bunga putih yang harum (Pexels/Talha Riaz)

Bagikan:

PALEMBASalah satu hobi yang cukup mengasyikan untuk mengisi waktu luang yaitu merawat tanaman hias. Penyuka tanaman hias biasanya mencari warna bunga yang paling disukai. Nah , karena terdapat banyak sekali macam-macam warna bunga, warna putih juga membuat jatuh hati.

Bunga berwarna putih dan menebarkan wangi dan tampak cantik yang paling dikenal adalah melati maupun mawar putih. Jika Anda mencari referensi lain, berikut rekomendasi tanaman hias bunga putih dan mampu mengaurkan aroma sedap di halaman rumah.

1. Wijaya kusuma

Bunga wijaya kusuma lekat dengan mitos, sebab waktu mekar terbatas. Seolah-olah peristiwa mekar merupakan satu momen yang ajaib dan ditunggu-tunggu. Uniknya, tanaman ini masuk dalam spesies sukulen dengan batang tidak rata. Sekilas terlihat seperti tanaman kaktus tumbuh secara vertikal namun membutuhkan penyangga karena tak dapat berdiri tegak.

Bunga wijaya kusuma akan mekar saat hampir tengah malam menjelang dini hari. Pada waktu lain, bunganya hanya kuncup namun masih beraroma wangi.

2. Gerdenia

Rekomendasi tanaman bunga berwarna putih selanjutnya adalah gardenia. Bunga gardenia termasuk keluarga tumbuhan kopi yang bisa tumbuh di kawasan tropis dan sub tropis. Bunga ini memiliki kurang lebih 140 spesies. Ketika mekar, bunganya akan menebar harum.

Bunga gardenia juga dikenal akrab dengan sebutan bunga ceplok piring. Ada juga yang disebut bunga kaca piring.

3. Cempaka putih

Nama ilmiah dari bunga cempaka putih adalah  Michelia x alba . Tanaman berbunga ini akan tumbuh di kawasan dengan paparan matahari tidak menimbulkan kesan. Selain berwarna putih dan memiliki aroma yang harum, gardenia juga bermanfaat untuk kesehatan.

Diantaranya bisa membantu mengatasi demam, keputihan, haid tidak teratur, hingga menghilangkan bau mulut.

4. Amarilis

Bunga amarilis atau disebut dengan bunga bakung paling sering terlihat menghias halaman rumah. Bahkan tanaman hias tepi jalan juga kerap ditemukan tumbuhan berbunga ini.

Kelopak bunganya mirip dengan bunga terompet putih dan benangsari menyembul menambah indah. Tanaman bunga amarilis termasuk satu keluarga dengan lily. Meskipun demikian, menebarkan aroma harum, bunga ini berbahaya jika dikonsumsi.

5. Sedap malam

Rekomendasi terakhir adalah bunga sedap malam. Sedap malam memiliki nama ilmiah  Polianthes tuberosa . Tanaman bunga sedap malam juga diolah untuk bahan parfum. Karakter tumbuhannya berumbi dan bunganya mekar pada malam hari.

Dari kelima tanaman hias bunga putih dan harum di atas, mana yang paling menarik untuk menghias rumah Anda?

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan 5 Tanaman Hias Berbunga Putih dan Menebarkan Wangi . Ini Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .