Cara Mencuci Masker Kain yang Benar, Sesuai Anjuran dari CDC
Ilustrasi masker kain (Unsplash/Bára Buri)

Bagikan:

PALEMBANG- Kasus COVID-19 di Indonesia semakin tinggi pasca lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, tepatnya pada Juli 2021. Muncul berbagai virus Corona jenis baru, yakni varian Alpha, Beta, dan Delta.

peningkatan kasus COVID-19 itu mewajibkan kita untuk mengenakan masker berlapis atau  double  ketika keluar rumah. Bahkan jika di rumah dan menjalani isoman, keluar ruangan perlu mengenakan dua lapis masker.

BACA JUGA:


Berdasarkan pemaparan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 , Profesor Wiku Adisasmito, tidak ada rekomendasi khusus satgas untuk penggunaan masker medis saja.

Tetapi masyarakat diminta tetap mengenakan masker berlapis. Masker lapisan pertama hanya bisa sekali pakai. Sedangkan masker kain pada lapisan kedua bisa dikenakan berkali-kali setelah menangis.

Karena mengenakan masker merupakan salah satu cara meminimalisir transmisi virus, cara menggunakan dan melepaskannya juga penting. Pertama, hincari membuarkan bagian dalam terbuka. juga ada celah yang memungkinkan virus masuk.

Nah , menurut Center of Disease Control and Prevention (CDC) ada beberapa jenis masker, yaitu masker kain berlapis dan masker sekali pakai. Masker sekali pakai terdiri dari beberapa lapis dari bahan  non woven. Dan masker jenis lainnya, tipe N95 diprioritaskan untuk tenaga kesehatan .

Aturan Penggunaan Masker Menurut CDC

Menyikapi hal tersebut, agar tetap dapat mengenakan pengaman berupa masker, CDC merekomendasikan memakai masker dengan banyak lapisan untuk perlindungan lebih baik. Tetapi pakai CDC tidak menyarankan memakai masker sekali dua lapis

Masker pakai dapat ditutup dengan masker kain yang bisa dipakai berulang kali. Dilansir laman Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, cara mencuci masker kain sebagai berikut:

  1.    . Rendam masker dalam air hangat dan deterjen
  2.            Diamkan 10 menit dan kucek dengan lembut
  3.          Bilas masker dengan air mengalir hingga bersih
  4.          Keringkan di bawah sinar matahari langsung
  5.          Setrika masker kain dengan panas tertentu yang sesuai dengan tipe kainnya
  6.          Simpan di tempat yang bersih dan siap dipakai kembali.

Cara Mencuci Masker Sritex

Cara mencuci masker Sritex, agak berbeda. Sebab dalam aturan cuci pada label masker yang diminta untuk merendam dengan deterjen tanpa pemutih atau Bayclin yang aman. Baru dibilas, dijemur, dan terakhir disetrika dengan suhu sedang hingga sedang.

Cukup sederhana bukan? Tetapi juga perlu diperhatikan masa pakai masker kain tersebut. Sebab serat kain sering kali akan semakin renggang, artinya mengetahui jenis kainnya. Jika kainnya sudah mengalami perubahan, maka ganti dengan masker kain yang baru.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul Perlu Ikuti Sesuai Anjuran, Begini Cara Masker Kain dengan Benar . Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .

Terkait