Nagita Slavina Ditunjuk Sebagai Duta PON; Beberapa Artis Layangkan Protes
Nagita Slavina (Tangkapan Layar YouTube Rans Entertaiment)

Bagikan:

PALEMBANG - Istri Raffi Ahmad, Nagita Slavina, dipilih menjadi Duta Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan digelar di Papua. Kabar itu oleh pasangan seleb tersebut lewat Youtube Rans Entertaiment. 

"Terima kasih banyak aku dipercaya jadi duta PON, Ikon PON, semoga dapat memberi mafaat yang positif buat banyak orang, masyarakat Papua, buat yang ikutan, dan buat semua masyarakat Indonesia," kata Nagita dikutip dari kanal YouTube rans Entertaiment, Jumat, 4 Juni.

Pro dan kontra muncul akibat dari penunjukkan tersebut. Di kolom komentar YouTube, banyak yang memberikan dukungan kepada Nagita dan Raffi. Sementara di Instagram, beberapa artis memberikan kritik atas penunjukan Nagita sebagai Duta PON Papua tersebut. 

Arie Kriting Mengkritik Pemilihan Duta PON

Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya @arie_kriting, Arie menyuarakan pendapatnya terkait hal tersebut. Ia merasa bahwa Duta PON XX Papua seharusnya direpresentasikan oleh perempuan yang memang berasal dari Papua. 10 Mei 2021 10:00

Selanjutnya, Arie Kriting juga melayangkan kritik dan menyebut penunjukan Nagita Slavina sebagai Duta PON XX Papua dapat mendorong terjadinya Cultural Appropriation.

"Solusi dari saya, Duta PON XX Papua harus tetap perempuan Papua. Angkat lagi salah satu sosok perempuan Papua, @mikhelia atau @nereputri atau siapa yang dirasa mencukupi," tulis Arie di Instagram pribadinya. 

Dian Sastro Kritik Pemilihan Duta PON XX Papua

Senada dengan Arie Kriting, Dian Sastrowardoyo juga ikut menyuarakan pendapatnya atas penunjukan Nagita sebagai duta PON Papua XX. Dian bahkan memberikan dua kali pendapat. 

Awalnya, Dian menulis komentar, "hegemoni representasi." 

Kali kedua unggahan Dian lebih "Nagita itu teman saya, tapi Indonesia itu warna warni. Sudah waktunya saudara-saudara Papua merasa terwakili," tulis Dian Sastro di akun @therealdisastr.

Kedua komentar Dian ini langsung dihujani kritikan dari pendukung Nagita terhadap bintang AADC itu. "Bermuka 2 ngaku2 teman malu enggak malu lah masa enggak haha," tulis @ruids32898. 

"Jangan Nagita nya ysng lu salahin mbak... Dia mah cuma ditunjuk sebagai ikon. Gue yakin lu juga klo ditunjuk jadi ikon PON lu pasti mau enggak akan nolak..," tulis @nabilashirly. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI .