Langkah-langkah Menghilangkan Jumlah Like di Instagram
Cara menyembunyikan like pada Instagram (Instagram)

Bagikan:

PALEMBANG - Jumlah like di Instagram dan Facebook kini bisa disembunyikan. Perusahaan menguji fitur tersebut selama dua tahun lebih sebelum pada akhirnya resmi diluncurkan.

Jika fitur ini diaktifkan, pengguna tidak akan melihat jumlah Like pada unggahan seseorang. Tak hanya itu, konten yang dilayani pengguna pun tidak bisa dilihat oleh pengguna lain.

Keputusan ini diberikan oleh perusahaan usai mendapat tekanan terus menerus dari pemangku kebijakan serta para ahli. Banyak pihak menilai bahwa platform media sosial terbesar di dunia ini perlu melakukan perubahan agar dampak positif bagi masyarakat.

Tanda Suka di Instagram Mengganggu Kesehatan Mental Generasi Muda

Menurut penelitian Royal Society for Public Health dari Britania Raya, layanan Instagram merusak kesehatan dan kesejahteraan muda. Dan berdasarkan hasil penelitian tersebut, para peneliti meminta agar Facebook bersedia untuk mengukur tombol like.

Temuan para ahli, tombol Like atau Suka pada kedua platform itu merupakan sumber bagi dan terungkapnya tekanan sosial baru. Sehingga, dengan penghapusannya tombol tersebut, para peneliti menilai bahwa generasi muda bisa lebih bebas dari rasa cemas dan tekanan sosial.

 “Kami uji coba coba dengan jumlah penduduk Suka untuk melihat apakah benar-benar bisa mengurangi tekanan pengguna selama aktif di Instagram,” ungkap juru bicara Instagram dikutip dari  The Verge , Kami, 26 Mei.

Beberapa Pengguna Menganggap Tanda Suka Memberi Dampak Positif

Juru bicara Instagram juga mengungkapkan bahwa tak semua pengguna menganggap Seperti sebagai sesuatu yang berbahaya. Ada beberapa yang mengganggunya, tapi banyak pula yang menganggapnya menguntungnya.

“Penggunaan pengguna yang menggunakan jumlah Like untuk mendapatkan apa yang sedang tren atau populer. Maka dari itu, kami memberikanmu (pengguna, -red) pilihan, ”terangnya.

Ya, hasil akhir setelah uji coba yang panjang, perusahaan akhirnya menentukan fitur sembunyikan Like sebagai pilihan. Sehingga bagi pengguna yang tidak terganggu, bisa mengaktifkan fitur tersebut.

Cara Menghlangkan Jumlah Like di Instagram

Jika Anda tertarik untuk mengaktifkan fitur ini, bisa memperbarui aplikasi terlebih dahulu melalui Play Store atau App Store. Kemudian, Anda akan menemukan fitur ini tersedia pada halaman Pengaturan. Tepatnya di dalam menu Unggahan.

Tak hanya Instagram, perusahaan juga bakal meluncurkan fitur ini pada platform Facebook. Hanya saja, untuk mengaktifkannya, Anda perlu melakukan lewat masing-masing aplikasi. 

Fitur anyar ini hadir sebagai wujud layanan Instagram demi meningkatkan pengguna. Oleh karena itu, perusahaan turut menjalin kerja sama dengan The Jed Foundation dan konten kreator Bunny Michael dalam merancang Panduan Instagram.

“(Panduan) akan menawarkan nasihat dalam mengatasi tekanan online,” tegas perusahaan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI. Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI .