Instagram Beri Bayaran Tinggi bagi Pembuat Konten Reels, Langkah Baru Menyaingi TikTok
Instagram terus tingkatkan pembayaran untuk Reels. (fotop dok. unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG - Kabar baik bagi pengguna media sosial Instagram, khususnya para konten kreator dan influencer. Aplikasi di bawah Metaverse ini diumumkan akan memberi bonus hingga 10.000 dolar AS untuk unggahan video Reels. Kebijakan ini sebagai bagian dari program bonus ‘Reels Play’.

Pihak Instagram melakukan kebijakan baru ini dengan tujuan untuk menjaga platform tetap relevan di kalangan generasi muda pada saat remaja tertarik pada TikTok berbondong-bondong menggunakannya. Dengan menarik pengguna baru dan membuat influencer senang, perusahaan berharap akan melanjutkan lintasan pertumbuhannya bahkan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Sebagai bagian dari rencananya untuk mendorong lebih banyak influencer untuk membuat Reel, Instagram sekarang membayar bonus hingga 10.000 dolar AS kepada pembuat konten yang memposting video di platform.

Menurut TechCrunch, pembayaran adalah bagian dari program bonus Reels Play bulanan Instagram dan saat ini hanya tersedia untuk pembuat konten tertentu saja. Mengenai apa yang dibutuhkan oleh program tersebut, Instagram mengatakan fitur tersebut sedang dalam proses peluncuran.

Cara Bergabung dengan Program Bonus Reels Play

Namun fitur ini hanya tersedia untuk segelintir pembuat konten untuk saat ini. Setelah tersedia untuk pencipta, mereka harus bergabung dengan program untuk menjadi bagian darinya. Setelah mereka bergabung, mereka akan memiliki waktu 30 hari untuk mendapatkan bonus.

Mereka dapat memilih Reel sebanyak atau sesedikit yang mereka ingin hitung terhadap penghasilan bonus mereka. Pembayaran akan langsung didasarkan pada kinerja Reel mereka, tambah postingan tersebut.

Berbicara dengan TechCrunch, pencipta Maddy Corbin, yang memiliki lebih dari 51.000 pengikut di Instagram, mengklaim bahwa dia telah ditawari hingga 1.000 dolar AS per bulan untuk membuat Reel. Pengguna lainnya, dengan lebih banyak pengikut, dilaporkan hanya menghasilkan 600 dolar AS. Pembuat konten lain dengan sekitar 24.000 pengikut mengklaim bahwa mereka ditawari 800 dolar AS jika video mereka mencapai 1,7 juta tampilan dalam sebulan.

Masalah yang Dialami Pengguna Instagram

Meskipun Instagram berharap agar membuat pembuat konten senang dengan program bonus barunya, banyak yang mengeluh tentang beberapa masalah lain yang mereka hadapi di platform. Di bagian atas daftar tampaknya sering terjadi pemadaman server yang dihadapi layanan akhir-akhir ini.

Salah satu influencer, yang baru-baru ini mendapatkan bonus hampir 700 dolar AS untuk Reel mereka, mengatakan bahwa mereka kecewa dengan penghentian layanan baru-baru ini yang mencegah video mereka menjangkau lebih banyak orang.

Menariknya, Instagram membayar bonus jauh lebih tinggi bulan ini dibandingkan bulan lalu. Tarif baru dikatakan lebih tinggi berdasarkan 'pembayaran per tampilan' jika dibandingkan dengan TikTok. Adapun di mana dan berapa lama program bonus akan tersedia, laporan tersebut menyatakan bahwa saat ini hanya tersedia di AS tanpa kabar kapan (atau jika) Instagram ingin memperluas ini ke pasar lain di masa depan.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.