Sulit Terlelap, Lakukan 6 Aktivitas Ini Untuk Dapatkan Tidur Nyenyak
Ilustrasi sebelum tidur nyenyak (Pexels/cottonbro)

Bagikan:

PALEMBANG- Tidur nyenyak merupakan berkah tak terkira. Sebab, berdasarkan penyelidikan menemukan bahwa sejumlah 10 hingga 20 persen populasi mengalami insomnia.

Dapat tidur dengan nyenyak saat kondisi psikologis seseorang. Jika diliputi perasaan gelisah, pikiran-layang, dan tubuh yang terlalu lelah maka sering susah mendapatkan tidur yang nyenyak. Agar lebih lelap atau mendapatkan kualitas tidur, ada 6 aktivitas yang biasanya dilakukan sebelum tidur.

Cari udara segar

Satu jam sebelum beranjak tidur, sempatkan waktu untuk menghirup udara segar. Udara segar di ruangan terbuka bisa membuat pikiran lebih rileks. Anda dapat berjalan kaki ke sekitar kompleks rumah maupun di balkon rumah.

Cara ini juga bisa mengatasi insomnia. Jalan kaki membuat peredaran darah lebih lancar, pikiran jadi lebih nyaman, dan mendapatkan rasa capek sehingga sesampainya di rumah dapat tidur nyenyak.

Rencana hari esok

Berdasarkan rekomendasi ahli, catatan catatan hari esok bisa membagi pikiran sehingga tidak terlalu berat. Mulai dari siapa yang harus ditemui hingga apa saja yang harus dibawa. Meskipun hanya menyiapkan pakaian untuk besok, ini dapat memperbaiki suasana hati.

Jika rencana sudah tercatat dan terorganisir dengan baik, pikiran Anda tidak terbebani.   

Membersihkan badan dan mengganti baju yang nyaman

Memastikan badan bersih perlu dilakukan sebelum tidur. Ditambah lagi, pakailah pakaian yang nyaman. Berbahan lembut dan memiliki serat yang baik untuk sirkulasi udara.

Mematikan lampu dan peralatan elektronik

Agar tidak gangguan persiapan tidurnya, perlu memastikan bahwa kompor elektronik, pintu sudah dikunci, dan mematikan lampu untuk lebih hemat energi.

Meditasi

Meditasi sebelum tidur menenangkan pikiran, mengatur napas secara teratur, dan menyeimbangkan jantung. Meditasi juga bisa jadi aktivitas untuk bersyukur dan lebih menyehatkan rutinitas dilakukan.  

Berhenti mengakses gawai

Tanpa kontrol akses gawai, tidur nyenyak tidak bisa terganggu. Maka, letakkan gawai dari tempat tidur dan Anda dapat siap lelap tanpa gangguan notifikasi informasi.

Tidur nyenyak besar manfaatnya untuk menjaga tubuh tetap sehat dan lebih bahagia. Untuk mendapatkan tidur nyenyak, kebiasaan apa yang Anda lakukan di samping 6 daftar di atas?

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI. Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI .