5 Cara Memulihkan Tubuh setelah Tidak Tidur Semalaman, Sudah Mempraktikkanya?
Ilustrasi tidak tidur semalaman (iStockphoto)

Bagikan:

PALEMBANG- Tidur adalah aktivitas yang penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun seringkali orang tidak tidur semalaman hingga dalam waktu beberapa hari karena sedang ada kegiatan yan padat. Ada pula yang tidak tidur karena harus menyelesaikan pekerjaan. Pada kondisi tak tiduran, tubuh akan terasa tak nyaman. Rasa sedikit melayang, mata muram, dan perubahan pada mekanisme kerja tubuh.

Penelitian yang dilansir  Everyday Health,  Minggu, 3 Juli, menunjukkan bahwa setelah tidur satu malam, lebih dari 100 protein dalam darah mengalami perubahan. Termasuk efek tertentu pada gula darah, fungsi kekebalan tubuh, dan metabolisme. Perubahan ini, lebih buruk lagi mempengaruhi tubuh jika tidak segera disadari dan kembali ke pola tidur ideal. Risiko yang mungkin dialami antara lain masalah kesehatan seperti diabetes, berat badan naik, dan bahkan kanker.

1. Prioritaskan tidur tepat waktu pada keesokan harinya

Utang tidur tidak bisa dibayar secara lunas. Menurut The Centers for Disease Control and Prevention (CDC), utang tidur bisa dihitung dari mengurangi jumlah tidur ideal dengan jumlah tidur yang didapatkan semalam. Menurut David Gozal, MD., ahli paru pediatrik mengatakan bahwa tidak ada cara untuk menebus hutang tidur dalam jangka pendek. Perlu beberapa malam sebelum Anda benar-benar pulih dan mendapatkan tidur yang cukup, tambah dokter Gozal.

Oleh karena itu, usahakan pergi tidur pada waktu yang sama pada malam hari setelah tidur nyenyak. lakukan beberapa cara tidur teratur kembali.

2. tidur siang pada hari berikutnya

Setelah tidur tidak cukup, Anda mungkin akan kelelahan dan ingin tidur keesokan harinya. Tetapi lebih baik Anda melewatkan tidur siang bahkan jika mengalami kegagalan sekali. Tunggu sampai waktunya tidur malam dan mendapatkan yang lebih nyenyak. Ini merupakan cara untuk mengembalikan jam tidur Anda tepat waktu.

Menurut American Academy of Sleep Medicine (AASM), Anda perlu menjaga jadwal tidur yang konsisten. Cara terbaik, bersiap tidur pada waktu yang sama atau setidaknya kurang lebih 30 menit dari waktu reguler setiap harinya.

3.Lakukan power nap

Bila sulit untuk konsentrasi dan tetapi perlu membuka mata, coba lagi untuk tidur siang. Ini mungkin strategi yang baik untuk setidaknya mengisi ulang beterai sedikit, saran Gozal. Tetapi jangan sampai tidur nyenyak dalam waktu yang lama, karena akan mengubah jam tidur Anda.

4. Batasi minum minuman berkafein

Tujuan dari membatasi minum minuman berkafein adalah untuk tidur tepat waktu keesokan harinya. Jika minum siang hari mungkin membantu Anda menjalani hari. Tetapi berhati-hatilah, jangan terlalu banyak dan terlalu sering mengkonsumsinya.

Kafein paling efektif sekitar satu jam pertama meminumnya, tetapi bisa berefek sepuluh jam setelahnya. Jadi, batasi sampai sore hari setidaknya empat jam sebelum jam tidur Anda. Jangan sampai minum kopi terlalu mepet dengan jam tidur sehingga menunda jam tidur Anda.

5. Temui ahli jika terbiasa tak tidur malam

Apabila Anda tidak mendapatkan hasil dari upaya mengembalikan jam tidur ideal Anda, maka berkonsultasilah pada ahlinya. Dokter dan ahli akan memberika rekomendasi sesuai kondisi fisik maupun psikologis Anda.

Penting untuk diingat, bahwa satu malam kurang tidur bisa merusak kesehatan Anda. Tetapi jika gangguan tidur menjadi kebiasaan, Anda dapat berisiko mengalami penyakit kronis. Jadi, baiknya mencari bantuan ahli untuk mendapatkan terapi ataupun treatment paling tepat.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.