Nafsu Makan Turut Meningkat Setelah Lebaran, Ini yang Harus Dilakukan
Ilustrasi nafsu makan (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Sajian berbagai hidangan merupakan salah satu hal yang paling ditunggu pada momen lebaran. Tak heran saat lebaran, mulut pun rasanya susah untuk diajak berhenti mengunyah. Entah bagaimana, di momen lebaran pun perut terasa lapar terus sehingga nafsu makan juga ikut meningkat. Anda merasakannya juga?

Sayangnya, makan secara berlebihan tak baik untuk kesehatan tubuh. Selain lemak tubuh meningkat, sistem pencernaan pun susah bekerja maksimal untuk mengolah makanan yang masuk tanpa mengenal waktu.

Jika dibiarkan, dampaknya berbagai penyakit seperti kolesterol, diabetes hingga obesitas bisa menyerang. Untuk mencegahnya, cobalah cara berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

Minum air putih

Saat Anda merasa lapar padahal baru saja makan satu atau dua jam lalu, jangan cepat ambil pesan kalau Anda benar-benar lapar. Ini mungkin saja tanda bahwa sebetulnya tubuh sedang dehidrasi.

Untuk mengatasinya Anda hanya perlu minum air putih. Ambillah 2-3 gelas lalu minum perlahan. Tunggu 15-20 menit untuk membuktikan apakah perut Anda masih terasa lapar atau tidak. 26 Apr 2021 22:25

Konsumsi protein

Berdasarkan penelitian dari The National Institutes of Health mengonsumsi protein dalam jumlah banyak, bisa jadi cara untuk mengontrol nafsu makan berlebih. Saat momen lebaran yang menyuguhkan makanan yang menggugah selera.

Protein tinggi ini ada di dalam telur, almond, keju, kacang, ikan dan lainnya. Konsumsi sekitar 20-30 persen dari total asupan kalori cukup untuk memberikan manfaatnya.

Olahraga

Selain bisa melunturkan lemak di dalam tubuh, olahraga juga bisa membantu menahan nafsu makan berlebih. Hal ini karena saat tubuh bergerak hormon yang bisa merangsang lapar menjadi tertahan dan tergantikan dengan rasa kenyang.

Melansir laman  Healthlin , Selasa, 11 Mei, menyelidiki bahwa olahraga aerobik efektif untuk menahan rasa ingin makan berlebihan. Tertarik?

Kurangi stres

Stres berlebih bisa timbulnya hormon kortisol di dalam tubuh. Faktor inilah yang bisa membuat nafsu makan menjadi meningkat.

Menguranginya tingkat stres tidak hanya membantu menurunkan hormon kortisol, tapi juga menghindari obesitas dan depresi. Anda bisa mencoba bermeditasi dan melakukan untuk menguranginya.

Cukup tidur

Tidur yang cukup dan berkualitas juga dapat mengurangi rasa lapar dan menghindari kenaikan berat badan. Studi menunjukkan bahwa kurang tidur meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan hingga 24 persen, mengutip dari Healthline. 

Oleh, penting untuk menjaga tidur 7-8 jam di malam hari. Cara ini bisa membantu menstabilkan nafsu makan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI. Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI .