Lebaran Tahun 2021 Tanpa Mudik, Berikut Tips Merayakannya dengan Bahagia
Foto oleh Danang Wicaksono dari Pexels

Bagikan:

PALEMBANG- Lebaran tahun lalu dan tahun 2021 berbeda dengan Idulfitri di tahun-tahun biasanya atau sebelumnya. Budaya mudik yang biasanya terjadi di setiap momen ini harus ditiadakan karena adanya pandemi COVID-19.

Karena ada kondisi kendali kendali atau memilih mengikuti anjuran pemerintah untuk meminimalisir persebaran Covid-19, bisa jadi alasan untuk keluar dari mudik .

Kerinduan pada kampung halaman dan pilihan tidak mudik bukan keterbatasan untuk merasa bahagia. Nah, agar kadar kebahagiaan tidak berkurang, Anda bisa mengikuti rekomendasi  VOI  di bawah ini.  

Intens berkomunikasi

Karena hampir setiap orang yang memiliki kecerdasan pintar, maka berkomunikasi melalui panggilan video atau saling berkirim pesan suara bisa sedikit membantu melegakan hati.

Meski hanya bisa berkomunikasi jaran dengan keluarga di kampung halaman atau rekan sejawat dan sahabat terdekat, setidaknya Anda bisa merasakan situasi lebaran tanpa khawatir berada atau membuat kerumunan.

Menyadari setiap keputusan

Kecerdasan emosional dimulai dari menyadari setiap keputusan. Bahwa memilih untuk tidak mudik adalah langkah bijak pada situasi yang sedang Anda hadapi, maka tak perlu nelangsa karena jauh dari keluarga ketika lebaran.

Susun rencana aktivitas

Mati gaya atau enggak tahu kegiatan apa yang bisa membuat Anda bahagia, tentu membikin mood jadi buruk. Jadi cobalah membuat rencana setiap harinya untuk mengisi waktu libur lebaran tanpa mudik. Misalnya, setelah menghubungi seluruh keluarga, Anda bisa me time.

Tetap aktif bergerak

Bergerak membuat seseorang lebih bersemangat dan tetap bisa mengontrol pikiran. Agar pikiran enggak negatif bergerak dan sedih, cobalah untuk tetap aktif. Anda bisa beroperasi di sekitar tempat tinggal atau berkebun di halaman.

Nikmati setiap aktivitas

Menikmati aktivitas kerap kali luput, sebab pikiran kemana-mana dan rindu rumah bisa membuat kurang fokus dalam mengisi waktu Anda selama lebaran enggak mudik. Tipsnya, cobalah untuk menikmati setiap aktivitas. Kalau dalam konteks falsafah ketimuran disebut hadir.

Tersedia, hal-hal yang diluar kontrol, maka menerima pilihan dan tetap bersyukur senantiasa dalam kondisi sehat adalah cara untuk merasa bahagia.

Tetap menjalani rutinitas

Rutinitas memiliki pola, ini yang membuat Anda tetap memiliki jadwal aktivitas meskipun liburan. Dalam hal paling sederhana, pola tidur, jadwal olahraga, siap makan, dan aktivitas harian lainnya perlu dilaksanakan seperti biasanya.

Membikin momen sederhana tetapi menyentuh

Di kampung halaman saat lebaran pada umumnya ada acara makan bersama keluarga besar. Anda bisa membuat momen lebaran tetap membahagiakan meskipun tidak mudik.

Misalnya dengan memasak makanan khas lebaran berdasarkan resep dari kampung halaman melalui video call. Anda bisa mengatur jadwal agar sama-sama bisa meluangkan waktu. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI. Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI .