Tips Menjaga Kesehatan Mata, Terutama Bagi Usia 40 Tahun ke Atas
Ilustrasi mata sehat (Unsplash/Jose Castillo)

Bagikan:

PALEMBANG - Mata merupakan aset berharga yang dimiliki manusia. Namun sama seperti organ tubuh lainnya, mata pun lambat laun akan melemah.

Memasuki usia 40 atau dikenal dengan sebutan usia paruh baya akan membutuhkan perhatian ekstra pada kesehatan . Terutama kesehatan mata, di mana pandangan mulai kabur ketika melihat label harga maupun tabel laporan kerja.

Anda tidak perlu gelisah, sebab masalah tersebut memudahkan saat usia beranjak 40 dan setelahnya. Beberapa masalah umum yang menjadi usia tersebut adalah sebagai berikut:

Mata terasa kering

Melansir Harvard Health Publishing, mata terasa kering oleh 15 juta orang dewasa di Amerika Serikat . Ini terjadi karena penurunan produksi air mata. Untuk mengatasinya, Anda yang mengalami masalah serupa yang memakai obat tetes mata, obat topikal.

Presbiopia

Presbiopi adalah kondisi pandangan mata yang sulit fokus pada objek yang dekat. Lensa mata juga lebih kaku kian bertambahnya usia.

Katarak

Seseorang yang mengalami katarak, pandangan mata berkabut yang tentu saja mengganggu kesehatan. Katarak perbaikan setengah dari orang tua 65 hingga 74 tahun.

Glaukoma

Untuk mengatasi masalah mata glaukoma, dokter akan memberikan resep obat khusus yang diformulasi untuk mengurangi tekanan pada mata. Glaukoma tidak terasa sakit pada mata, melemahkan gejala namun dapat merusak saraf optik yang mengirimkan informasi dari mata ke otak.

Jika tidak segera diatasi, glaukoma dapat menyebabkan tampilan perifer dan sentral.13: 55

Retinopati diabetes

Kondisi ini kondisi penderita diabetes yang menyebabkan kerusakan pada retina. Itu, menjaga kesehatan mata yang akan membantu di bawah, Anda juga perlu menjaga kesehatan termasuk kadar gula darah yang norml.

Degenerasi makula

Penurunan fungsi macula atau bagian tengah retina karena usia. Sel retina yang peka cahaya, menangkap gambar dan mengirimkan ke otak melalui saraf optik. Nah, karena penurunan fungsi karena usia penglihatan jadi kabur atau terdistorsi hingga titik buta.

Cara menjaga kesehatan mata

Untuk menjaga kondisi penglihatan tetap berfungsi maksimal sesuai usia, maka cara berikut bisa Anda lakukan.

Konsumsi makanan sehat

Disamping konsumsi makanan mengandung antioksidan dan omega-3 yang baik untuk kesehatan mata, Anda juga perlu menyeimbangkan dengan nutrisi lainnya seperti vitamin C, vitamin E, zinc. Asam lemak omega-3 dibuktikan dengan beberapa riset yang dapat membantu menyembuhkan mata yang terasa kering.

Aktif bergerak

Sekitar mata terdapat banyak jaringan darah yang membawa oksigen dan memeriksa darah. Ini berkaitan dengan rekomendasi ahli untuk tetap aktif bergerak agar sirkulasi darah tetap lancar dan menurunkan risiko penyakit diabetes.

Tidur teratur

Memiliki pola tidur yang sama setiap harinya berarti memberi kesempatan tubuh untuk bekerja dalam keteraturan. Selain itu, tidur adalah aktivitas membersihkan mata dari debu, alergen, dan iritan.

Lindungi mata dari paparan sinar UV

Penelitian di Johns Hopkins tahun 1998 menemukan risiko lebih tinggi terkena katarak. Penelitian tersebut juga menghubungkan paparan sinar matahari dan peningkatan risiko katarak.

Sinar ultraviolet (UV) juga dapat meningkatkan risiko degenerasi makula atau age-related macular degeneration (ARMD). Jadi, memakai kacamata yang mampu melindungi mata dari gelombang UV-A dan UV-B.

Berhenti merokok

Berdasarkan studi, perokok dan mantan perokok memiliki risiko empat kali lipat mengalami ARMD dibanding yang tidak merokok. Para peneliti meningkatkan, peningkatan risiko ARMD yang lebih tinggi pada perokok yang disebabkan perubahan sel, stres oksidatif, dan penyempitan pembuluh darah.

Disamping menjalankan sejumlah tindakan pencegahan di atas, jangan enggan untuk memeriksa mata rutin pada ahlinya. Laporkan dan mintalah  solusi yang  terjadi masalah masalah pada penglihatan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI. Artikel ini pernah tayang sebelumnya di  VOI