Pasangan Sudah Lama Menjalin Hubungan, Tapi Masih Sering?  Ternyata Inilah Penyebabnya
Ilustrasi kenapa sering bertengkar dengan pasangan (Freepik/Gpointstudio)

Bagikan:

PALEMBANG- Keharmonisan hubungan percintaan tidak ditentukan dari seberapa lama berkomitmen. Pasangan yang sudah lama menjalin hubungan pun ada yang kerap berseteru atau bertengkar. Perasaan bosan atau memendam emosi bisa memantik keributan kecil. Menurut Joel Block, Ph.D., psikolog senior di Northwell Health System dan profesor asisten klinis Hofstra Northwell School of Medicine, operasi yang tersembunyi adalah pemicu pemicu pada pasangan meskipun mereka sudah lama berkomitmen.

Hampir setiap pasangan akan mengalami gejolak sebagai respons terhadap situasi secara langsung. Pertengkaran pintu terjadi, bahkan tak mengucapkan katapun, hanya membanting atau diam-diam air mata terurai. Pertengkaran bukan hal yang selalu buruk, justru karena tanpa objek, masalah akan diselesaikan dan tak lagi tersembunyi. Namun, jenis tertentu dapat merusak hubungan yang sehat.

Hal-hal yang Membuat Hubungan Tidak Sehat dan Kerap Bertengkar

Hal-hal yang membuat hubungan jadi tak sehat atau pertengkaran enggak menyelesaikan masalah, dipicu kemarahan yang tak disuarakan. Ketika salah satu dari pasangan menyimpan kebencian, ini bisa jadi masalah. Kedua, ketika kemarahan tak dikenali penyebabnya. Sehingga salah satu dari pasangan hanya merahasiakannya dan menyimpannya sendiri.

Dalam kedua kasus di atas, kemarahan jadi tak terselesaikan dan tidak menguap tetapi menguras energi positif dalam hubungan. Terkadang, pasangan marah memilih menjaga jarak. Sinyal yang terjadi, ketika sesuatunya berjalan dengan baik dalam hubungan dan tiba-tiba salah satu dari pasangan menyadari sesautu yang mengganggu dan memulai pertengkaran. Meskipun ketegangan disebabkan oleh rasa takut akan keintiman dan dipicu oleh kemarahan, tetapi ini jarang disadari.

Solusi Menyelesaikan Pertengkaran dengan Pasangan

Menurut Block dilansir Psychology Today, Jumat, 5 Agustus, menggali apa yang sebenarnya terjadi tidak selalu mudah. Tetapi penting dilakukan untuk resolusi atau mendapatkan solusi bersama. Jadi apa yang perlu dilakukan ketika sering bertengkar meski sudah lama berkomitmen? Setiap orang yang berpasangan penting untuk mengevaluasi diri. Kemudian belajar sedikit demi sedikit jujur pada diri sendiri dan pada pasangannya. Dengan begitu, setiap pasangan akan mengetahui dan memahami bahkan tak ada aspek yang tersembunyi sehingga menggerogoti kehangatan hubungan. Apabila tak bisa berdiskusi berdua secara terbuka, bantuan profesional mungkin bisa membantu.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.