Mengenal Manfaat Habbatusauda bagi Kesehatan Tubuh, Berkhasiat Menyembuhkan Segala Penyakit
Ilustrasi (Tamara Gak/Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG- Salah satu jenis biji-bijian yang berkhasiat menjaga kesehatan adalah jinten hitam atau habbatusauda. Bijian ini bagi umat muslim dinyatakan sebagai obat segala penyakit menurut Nabi Muhammad SAW.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si (Herbal) dilansir dari  ANTARA, mengatakan penggunaan bahan herbal untuk membantu menjaga kesehatan tubuh relatif lebih aman. Namun, ia juga mencatat bahwa penggunaan herbal, termasuk habbatusauda, ​​juga harus dengan takaran yang ditingkatkan dan tidak berlebihan.

“Meskipun herbal biji jintan hitam ini memiliki banyak manfaat terhadap tubuh, tetap harus diperhatikan takaran dan cara mengonsumsinya. Akan lebih aman jika dikonsumsi dalam dosis yang sudah ada, misalnya dalam bentuk sediaan suplemen,” kata Inggrid.

Simak beberapa manfaat habbatusauda bagi kesehatan tubuh dari kacamata medis.

Obat beragam penyakit dan meningkatkan produksi ASI

Studi yang digunakan di jurnal Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine pada 2013 menyebutkan habbatusauda dalam pengobatan berbagai penyakit seperti bronkitis, asma, diare, rematik dan gangguan.

Bagi ibu menyusui, habbatusauda juga memiliki manfaat meningkatkan produksi ASI. Kandungan thymoquinone (TQ) pada habbatusauda membuat biji-bijian hitam ini menjadi kaya manfaat. Selain TQ, kandungan lain juga protein 20-85 persen, lemak 38,20 persen, serat 7-94 persen, dan karbohidrat 31,94 persen.

Mengatasi masalah kulit

Studi di jurnal Hindawi pada 2017 menyebutkan habbatusauda memiliki manfaat untuk mengatasi beragam masalah dermatologis dan anti-inflamasi mulai dari jerawat hingga luka bakar.

Dalam penelitian yang dilakukan pada 62 responden, pasien yang memiliki jerawat dan menggunakan lotion habbatusauda sebagai terapi menunjukkan peningkatan yang lebih baik dalam peradangan kulit mereka.

Dapat dikonsumsi untuk program hamil

Habbatusauda baik dikonsumsi untuk program kehamilan. Jinten hitam ini memiliki sifat antioksidan dan antiradang yang baik untuk kesuburan dan keberhasilan promil. Hal tersebut sejalan dengan studi yang diterbitkan di jurnal ScienceDirect pada 2014 yang menjelaskan bahwa habbatussauda dapat meningkatkan kualitas sperma pria yang didiagnosis mengalami infertilitas.

Membantu menurunkan berat badan

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, mengonsumsi minyak habbatussauda dapat membantu mengurangi obesitas, sindrom metabolik, atau diabetes tipe 2. Riset di jurnal Food & Function pada 2015 menunjukkan bahwa dengan melakukan diet rendah kalori dan konsumsi 1 gram minyak habbatusauda setiap makan, membuat para perempuan mengalami penurunan berat badan dan lingkar pinggang berkurang secara signifikan. Studi tersebut melibatkan 90 orang perempuan berusia 25-50 tahun yang mengalami obesitas.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.