5 Manfaat Tumbuhan Catnip yang Perlu Dikenali Pecinta Kucing, Ternyata Bersifat Edible
Ilustrasi sifat catnip yang edible dan manfaatnya (istockphoto)

Bagikan:

PALEMBANG- Bagi anda yang pecinta atau hobi pelihara kucing pasti tidak asing lagi dengan tumbuhan Catnip. Tanaman ini dikenal dapat memberi efek penenang bagi kucing. Selain itu, juga menyimpan kandungan berkhasiat untuk manusia.

Catnip dengan nama ilmiah Nepeta cataria, dikenal juga dengan catmint atau catwort. Tanaman ini asalnya dari berbagai kawasan, termasuk di seluruh Eropa dan sebagian Cina.

Menurut studi diterbitkan di Journal of American Chemical Society, dilansir Organic Facts, Jumat, 15 April, ekstrak dan minyak esensial dari catnip juga cukup populer untuk digunakan. Tanaman ini umumnya diseduh menjadi teh, bahkan dibuat jus, tincture, ekstrak, salep, dan bahan sebagai ramuan untuk diasap. Untuk kesehatan manusia, catnip punya manfaat berikut ini.

1. Pereda stres

Seperti halnya efek penenang ketika dimakan kucing, pada manusia catnip bersifat edible dan berkhasiat mengurangi stres dan kecemasan. Peneliti J.S. Cauffield dan H.J. Forbes menemukan bahwa catnip bermanfaat mengurangi gejala sekunder dari stres kronis dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Mengatasi insomnia

Sejak ribuan tahun, catnip dipakai untuk mengatasi susah tidur dan kegelisahan. Tanaman ini memiliki sifat penenang yang membantu memperlambat siklus alami tubuh sehingga membuat lebih rileks dan teang. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa menyeduhnya menjadi teh sesaat sebelum tidur.

3. Mengurangi masalah pencernaan

Michael Castleman, jurnalis dan penulis The New Healing Herbs: The Essential Guide to More Than 130 of Nature’s Most Potent Herbal Remedies, menunjukkan bahwa catnip adala antispasmodik. Hal ini sangat efektif untuk mengatasi masalah pencernaan, terutama sembelit, perut kembung, dan kram.

4. Meredakan kram menstruasi

Siklus bulanan pada perempuan membawa pengaruh pada beberapa gejala, termasuk mengalami kram menstruasi. Ketika terasa menyakitkan, teh catnip sering direkomendasikan sebagai pengobatan alternatif karena dapat menenangkan.

5. Pereda sakit kepala

Migrain kronis sangat efektif jika diredakan dengan catnip. Anda bisa mengoleskan minyak atsirinya atau mengoleskan salep daun catnip di pelipis. Selain itu, catnip juga berkhasiat menyembuhkan flu, pilek, dan membersihkan tubuh secara tepat dengan mengeluarkan banyak keringat.

Supaya efek berkhasiat dari catnip tetap terkontrol, ketahui berapa jumlah aman untuk dikonsumsi. Mengutip Healthline, jika membuat teh catnip bisa menyeduh 2 sendok teh daun kering dalam segelas air. Minum teh catnip disarankan pada malam hari, karena jika pagi hari akan mengganggu aktivitas Anda.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.