5 Alasan Mengapa Istirahat Itu Penting Bagi Tubuh, Workaholic Wajib Tahu!
Ilustrasi mengapa istirahat itu penting (Pexels/Andrea Piacquadio)

Bagikan:

PALEMBANG- Setiap orang memerlukan istirahat setelah bekerja dan melakukan aktivitas sehari-hari. Jika tidak, efeknya pada tubuh dan mental. Kondisi tubuh seperti kesehatan akan menurun hingga kelelahan kelelahan.

Secara spesifik, ada 5 alasan mengapa istirahat itu penting dilakukan. Istirahat tidak hanya mengambil jeda waktu untuk menghela napas dan bersantai, mencari udara segar serta tidak melakukan tugas berat hingga tidur juga tergolong sebagai cara untuk mengistirahatkan tubuh juga mental.

Berikut, alasan-alasan mengapa tubuh butuh istirahat.

1. Untuk tubuh

Ketika tubuh diminta untuk bekerja lebih keras setiap hari, maka tubuh memerlukan waktu untuk pemulihan. Mulai dari energi yang dipakai, metabolisme yang bekerja meregenerasi sel, hingga pikiran yang berjam-jam konsentrasi.

Istirahatkan kembali tegangan, sel juga diberi waktu untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Tanpa istirahat, tubuh akan kelelahan dan kelelahan otot setelah aktif dipakai.

2. Mencegah cedera

Membiarkan tubuh bekerja keras tanpa istirahat bikin mudah cedera. Kenapa bisa begitu? Selain otot bekerja, koordinasi tubuh tidak bisa seimbang karena kurang istirahat. Beraktivitas tanpa kemungkinan besar akan kelelahan otot.

Dilaporkan Alodokter , Senin, 9 Agustus, menurut seorang profesor psikologi , lelah akibat kurang istirahat bisa menyebabkan kecelakaan rumah tangga. Misalnya, jatuh dari tangga, terantuk, teriris pisau.

3. Istirahat memengaruhi kinerja

Seluruh kerja motorik dan kognitif perlu waktu jeda agar keesokan harinya tetap terjaga kualitasnya. Pertama, ketika istirahat dengan tidur, salah satu bagian otak akan mengkonsolidasikan memori sehingga masih bisa diakses kembali.

Mudahnya, istirahat dengan tidur dapat menjaga kenangan tetap baik. Kedua, istirahat cuku membuat kita tetap bisa aktif sepanjang hari. Setiap kali kurang istirahat, kinerja menurun dan tidak bisa berkonsentrasi penuh.

4. Menjaga berat badan

Kurang istirahat bisa rawan stres. Selain itu jika kita kurang istirahat, hormone lapar atau disebut dengan ghrelin, akan naik sehingga memicu rasa lapar terus menerus.

Dengan istirahat ketika sudah lelah atau kualitas tidur cukup, bisa menjaga berat badan tetap stabil atau  keinginan nyemil menurun  .

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Sebuah studi yang melibatkan 150 orang, tidur 7 jam dan kurang dari 7 jam dalam sehari. Partisipan yang tidurnya kurang dari 7 jam lebih rentan terserang penyakit.

Ini membuktikan bahwa istirahat dan tidur cukup menjaga sistem kekebalan tubuh.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul 5 Alasan Mengapa Istirahat Itu Penting Bagi Tubuh . Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .