Aduh! Pasangan Cemburu Saat Anda Komunikasi dengan Mantan? Pakar Psikologi Sampaikan Tips Menenangkannya
Ilustrasi alasan, manfaat, dan cara mengatasi pasangan cemburuan (iStockphoto)

Bagikan:

PALEMBANG- Ada beberapa faktor penyebab munculnya rasa cemburu tak menentu. Seringkali pasangan merasa cemburu saat Anda berkomunikasi dengan mantan. Meskipun intensitas dari komunikasi hanya sebatas pekerjaan atau pertemanan saja, tetapi wajar jika pasangan Anda cemburu.

Rasa cemburu tidak selalu buruk, kata Nicholas Balaisis, Ph.D., RP., psikoterapis yang membuka praktik di Toronto, Kanada. dilansir  Psychology Today,  Balaisis menjelaskan bahwa kecemburuan sering dianggap buruk tetapi bisa jadi tanda cinta, perhatian dan faktor terjalinnya sebuah hubungan. Dengan adanya rasa cemburu, berarti pasangan tidak menganggap remeh hubungan. Hanya tanpa adanya rasa cemburu bisa menjadi tanda ketidakpedulian atau bahkan tidak sensitif pada kerentanan.

Dalam beberapa kasus, kecemasan dan kecemburuan perlu diaktifkan. Karena dengan setiap pasangan menjaga komitmen lebih erat. Artinya ketika pasangan Anda cemburu, jangan panik. Selidiki dan terima sebagai tanda bahwa hubungan yang terjalin berarti bagi setiap orang yang berpasangan. Tetapi ketika tidak bisa menguasai emosi, ini bisa menjadi masalah.  

Pengalaman Masa Lalu Berpengaruh pada Sikap dalam Percintaan 

Penting bagi Anda untuk mengecek kembali riwayat hubungan yang dialami pasangan Anda. Pengalaman bagaimana yang membentuk kisah buruknya di masa lalu sehingga membuat rasa cemburu tak terkontrol. Karena hubungan masa lalu yang tidak aman bisa membentuk sikap masa sekarang. Jadi cobalah membingkai ulang peristiwa yang dialami. Cobalah berempati daripada memberi respons lebih emosional.

Batasan Berkomunikasi dengan Mantan 

Selain itu, Balaisis juga menyarankan perlunya menegaskan batasan pada diri sendiri. Seperti kata pepatah, tak mungkin ada asap tanpa api. Artinya Anda perlu membuat batasan dalam berkomunikasi dengan mantan. Meskipun intensi hanya hal ringan tak berniat macam-macam. Saran Balaisis, seseorang perlu memperhatikan kapan dan bagaimana kita berhubungan dengan orang lain. Terbuka dan transparan dapat membantu mengurangi ledakan cemburu.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.