5 Warna Cat yang Tidak Cocok untuk Dinding Dapur, Jangan Sampai Salah Pilih
Ilustrasi warna cat dinding dapur yang perlu dihindari (Unsplash/Rune Enstad)

Bagikan:

PALEMBANG- Warna dinding menjadi elemen penting yang perlu dipertimbangkan secara matang saat mendekorasi rumah. Warna pada dinding sangat mempengaruhi suasana dan kenyamanan Anda. Apalagi warna cat untuk dinding dapur. Warna dinding bisa bertahan selama bertahun-tahun, oleh karena itu pilihan tepat dapat membantu menghindari gaya yang ketinggalam zaman ataupun merusak suasana.

Untuk memilih warna dinding dapur, para ahli menyarankan untuk menghindari kedua warna di bawah ini. Apa ini? Berikut tips dan penjelasan lengkapnya dilansir  Home and Garden.

1. Merah

Merah merupakan warna yang kolaboratif untuk dinding dapur. Menurut Tobie Lewis, manajer senior Valspar, Anda menyarankan perlu menghindari warna ini. Dapur merupakan ruangan untuk melepas lelah, dengan memasak, makan, atau menjamu tamu. Bagi banyak orang, merah mengesankan warna yang kuat dan tak cocok untuk dapur Anda.

2. Putih cerah

Warna putih memang membuat kesan lebih luas. Tetapi untuk dapur, ini perlu dihindari. Warna putih cerah cenderung cenderung menyolok dan seperti ruang pemeriksaan di klinik, kata desainer Liberty Riggs. Jika Anda ingin memasukkan cat dinding warna putih di dapur, pilih warna yang lebih lembut seperti putih krem.

3. Kuning

Warna kuning cerah, menurut desain interior, Amy Youngblood, bisa membuat barang-barang indah di dapur tak bernilai. Pasalnya, cahaya yang terlalu terang ditambah warna dinding menyolok membuat ruangan tidak terasa nyaman.

4. Beige

Warna krem mungkin dirasa aman untuk dinding dapur, tapi ternyata bisa membuat kesan membosankan dan tak bernyawa. Beige atau krem sering terasa hambar dan konservatif, menurut Geoff Sharp. Ia menyarankan Anda untuk memilih warna yang lebih ‘bernyawa’ sehingga membuat Anda bahagia sambil membuat dapur terasa menonjol.

5. Hijau gelap

Menurut psikologi warna, hijau bisa membuat Anda lebih rileks. Tetapi apakah tepat mengecat dinding dapur dengan warna hijau tua? Warna ini, ternyata membuat kesan dapur ‘gelap’. Warna lain yang perlu dihindari adalah biru dan ungu. Ketiganya dalam tone warna gelap, dapat membuat warna makanan tak menarik dan ruangan terasa kurang cahaya.

Nah, apabila Anda menginginkan kelima warna di atas, pilih tone yang lebih cerah. Yang perlu menjadi catatan, beri cukup cahaya di dapur agar tak lembap. Ditambah lagi, jaga sirkulasi udara tetap bekerja dengan baik.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.