Berbagai Macam Hobi yang Dapat Meningkatkan Meningkatkan Kecerdasan Otak
Ilustrasi hobi yang mencerdaskan (Pexels/Andrea Piacquadio)

Bagikan:

PALEMBANG- Memiliki hobi tentu bisa mengikis kebosanan. Disamping itu, menekuni hobi tertentu juga mampu meningkatkan kecerdasan. Apa saja hobi yang paling senang kamu tekuni hingga saat ini?

Beberapa list berikut, adalah hobi yang bermanfaat mengasah intelegensi. Jika salah satu diantara tujuh ini sering kamu lakukan, maka kesempatan meningkatkan kecerdasan bisa digayuh.

Membaca

Berbagai bahan bacaan tentu akan mengasah otak. Seperti yang dilansir oleh  LifeDev  bahwa membaca bisa membantu berbagai aspek kecerdasan. Pertama, untuk mendapatkan nilai tinggi, tentu membaca adalah satu cara untuk mendapatkan serta mendapatkan pengetahuan.

Anne E. Cunningham dalam jurnalnya yang berjudul  What Reading Do For the Mind  mengatakan bahwa membaca mampu mempertajam pikiran. Membaca juga aktivitas yang dilakukan berbagai usia. Artinya, menekuni hobi membaca mampu meningkatkan kecerdasan disegala usia.

Menulis

Setara DENGAN membaca, menulis juga Menjadi hobi Yang mengubah KARENA bermanfaat meningkatkan Memori. Ini dibuktikan pada penelitian yang dilakukan tahun 2014.

Dalam jurnal  Scientific American , mahasiswa yang membuat catatan di kelas yang memiliki ingatan yang lebih baik. Apa yang terkejar dan dituliskan dalam catatannya satu cara mempertajam ingatan.

Traveling

Aktivitas yang satu ini tak diragukan lagi membuat hati senang. Melakukan perjalanan ke tempat baru atau destinasi tertentu tentu saja membutuhkan kecerdasan. Misalnya, konsep tempat baru dan berbagai situasinya. Ini mengasah keterampilan sosial, komunikasi dan cara beradaptasi.

Hobi travelling membuat seseorang jadi pintar. Tak hanya pintar karena telah mendapatkan berbagai informasi yang tidak dapat di dapat dari buku. B menggunakan juga membuat seseorang lebih banyak akal, cerdas dan lincah. 09 Jan 2021 09:48

Bermain game

Ada berbagai jenis  game , salah satunya   strategi game dapat membuat otak seseorang cenderung terasah. Permainan bermain dapat meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah. Dengan aktivitas ini pula, logika juga semakin tajam.

Olahraga

Darah yang membawa oksigen akan terhambat aliran jika tak pernah bergerak. Gerakan olahraga membuat tubuh menjadi semakin cerdas. Tak hanya strategi otak, refleks tubuh, kecepatan dan ketepatan akan meningkat pula.

Bermusik

Peneliti di Universitas Zurich menemukan bahwa memainkan alat musik bisa menguatkan otak. Seperti yang kita tahu, mendengarkan atau memainkan musik yang membutuhkan keterampilan. Jika skill lebih terasah, kecerdasan otak pun juga meningkat.

Menggambar

Dua penelitian ilmiah yang menemukan bahwa hobi menggambar mampu menignkatkan kecerdasan. Pertama, penelitian tahun 2016 yang dilakukan oleh para peneliti Universitas Yale. Penelitian ini menemukan bahwa menggambar, membuat sketsa dan yang berkaitan dengan perpindahan kata menjadi bentuk lain yang dapat membantu daya ingat.

Kedua, profesor emeritus di Universitas Oregon -Dr Michael Posner menemukan bahwa seni dapat meningkatkan fungsi kognitif. Ini berpengaruh pada peningkatan konsentrasi. Disamping itu, hobi yang berkaitan dengan dapat meningkatkan kreativitas seseorang.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI. Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI .