Etika yang Harus Dipahami saat Menginap di Rumah Teman! Jangan Bertingkah Sesukanya
Ilustrasi Menginap bersama Teman (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Salah satu aktivitas sederhana untuk menghilangkan suntuk atau penat bisa dengan menginap di rumah teman. Agenda menginap di rumah teman bisa dilakukan waktu liburan. Entah itu rumah saudara, kerabat, maupun teman dekat, baik sengaja atau diundang oleh pemilik rumah.

Apapun alasan dan hubungan Anda dengan pemilik rumah, tetap ada etika yang perlu diketahui saat menginap di rumah orang. Apa saja tips yang perlu anda terapkan? Simak ulasannya berikut ini.

Buat kesepakatan dengan pemiliki rumah

Sebelum menginap di rumah teman, pastikan dia tahu durasi Anda akan menginap. Usahakan jangan memperpanjang waktu kecuali pemilik rumah menawarkannya. Beri tahu juga dengan siapa pun yang Anda datangi. Jangan biarkan teman kaget melihat kedatangan tamu tak diundang.

Selain itu, perhatikan juga jadwal pemilik rumah. Pastikan jika ia benar-benar punya waktu luang menyambut kedatangan Anda. Jangan biarkan kedatangan Anda merepotkan tuan rumah. 

Buat kesan baik saat datang

Jangan lupa informasikan kedatangan Anda pada teman satu atau dua jam sebelumnya. Bawa juga buah tangan untuk menunjukkan rasa terima kasih pada pemilik rumah karena sudah membiarkan Anda menginap. Etika seperti ini membuat teman-teman semakin senang dengan kedatangan Anda. 

Ikuti aturan pemilik rumah

Tiap rumah pasti memiliki aturannya sendiri. Coba cari tahu dan ikuti aturan di tempat Anda menginap. Selain menimbulkan kesan baik, hal ini juga membuat Anda seakan-akan menjadi bagian dari keluarga pemilik rumah tersebut.

Buat keberadaan Anda bermanfaat

Rasa menginap di hotel dan menginap di rumah teman pasti berbeda. Jika Anda dilayani di hotel, maka sebisa mungkin Anda melayani teman ketika menginap di rumahnya. Bantu teman sebisa mungkin, baik itu mencuci piring setelah makan atau membereskan tempat tidur.

Rapikan kamar tempat menginap

Saat bangun, jangan langsung beranjak ke luar kamar tidur. Etika yang harus diperhatikan saat menginap di rumah teman salah satunya adalah membersihkan tempat tidur. Kembalikan suasana kamar Anda menginap seperti semula. Pemiliki rumah tentu merasa terbantu dengan tindakan ini.

Ikuti jam tidurnya

Berusahalah untuk bangun lebih pagi dari tuan rumah. Anda pasti merasa tidak enak jika teman terpaksa menonton televisi tanpa suara dan tidak berisik di rumah sendiri karena Anda masih tidur. Selain itu, hindari bepergian hingga larut malam dan tidurlah lebih awal agar ia tidak kehilangan jam tidur hanya karena menunggu Anda pulang.

Memakai kamar mandi

Ada baiknya jika Anda meninggalkan kamar mandi lebih bersih dibandingkan saat watu pertma kali datang. Hanya dibutuhkan sepuluh detik untuk membersihkan wastafel sehingga tidak ada sisa pasta gigi tertinggal. Setelah itu, pastikan tidak ada bekas tisu yang keluar dari tempat sampah sebelum Anda meninggalkan kamar mandi.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.