5 Jenis Kain yang Tepat Dijadikan Bahan Kerudung bagi Wanita Muslim di Negara Beriklim Tropis
Ilustrasi hijabers (Umair Sulaiman/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Momen Ramadan dan lebaran Idulfitri tidak hanya menjadi hari baik bagi umat Islam. Namun momen ini juga sangat dinantikan oleh pelaku usaha modest fashion. Ramadhan dan Perayaan Idul Fitri menjadi waktu terbaik meningkatkan volume penjualan. 

Head of Enterprise Zilingo Indonesia, Kang Ay Lie, memprediksi pertengahan April akan menjadi puncak kenaikan pembelian bahan produksi fashion sederhana. Seiring dengan tumbuhnya harapan masyarakat untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga dengan mengenakan pakaian baru yang trendi.

“Awal tahun ini, pembelian kain di Zilingo naik signifikan. lubang sempat turun di pertengahan Februari karena gelombang ketiga COVID-19 sebab produsen masih mengembangkan perkembangan untuk menambah volume produksi. Secara keseluruhan, pelaku usaha lebih optimistis berproduksi tahun ini, apalagi didukung dengan kebijakan pemerintah tentang aturan mudik dan cuti Lebaran," katanya dikutip dari ANTARA, Kamis, 28 April. 

Dengan potensi keuntungan yang besar, tidak mengherankan jika sebagian memanfaatkan momen ini untuk memulai bisnis fashion wanita sederhana, salah satunya dengan memproduksi kerudung. Namun, sebelum mulai memproduksi dengan merek sendiri, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan konsumen dengan memilih bahan kerudung yang nyaman, modis, dan bebas gerah. Apalagi bulan puasa kali ini tepat berlangsung di musim kemarau dengan cuaca yang cenderung panas. 

Lalu bahan kerudung apa saja yang bisa Anda pilih agar tetap nyaman dan bebas gerah?

katun

Katun menjadi kain favorit saat memilih bahan hijab yang nyaman dan bebas gerah, khususnya bagi pemakai kerudung yang tinggal di wilayah tropis. Bahan katun umumnya digunakan untuk model hijab segi empat dan pasmina.

Linen

Kain linen bertekstur lembut sehingga nyaman sebagai bahan hijab untuk kegiatan sehari-hari. Daya serap bahan linen bahkan lebih baik dari katun. Agar hijab tidak berantakan, Anda bisa memadukannya dengan ciput, sehingga hijab tidak mudah bergeser dan terlipat saat dipakai.

Rayon

Bahan rayon memiliki keunggulan tekstur yang mirip kain sutra dengan kilau tampak alami, sebab memiliki kandungan kimia karbon, hidrogen dan oksigen. Tidak hanya itu, rayon juga tidak mudah kusut dan berdaya serap menyerupai katun. Sifon Kain sifon cenderung tipis dan memiliki kilau samar-samar. Keunggulan lain, bahan ini cukup lentur sehingga mudah menyerap keringat dan akan terasa nyaman dipakai saat cuaca terik.

Rayon Cotton

Kain rayon cotton atau katun rayon terbuat dari serat buah tanaman kapas dan dan regenerasi selulosa serat rayon. Saat digunakan, bahan ini akan menimbulkan kesan jatuh dan rapi.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.