7 Sayur dan Buah Kaya Kandungan Airnya, Konsumsi untuk Bantu Cegah Dehidrasi!
Ilustrasi sayur dan buah yang mengandung banyak air (Unsplash/NRD)

Bagikan:

PALEMBANG– melakukan ibadah puasa bukan berarti Anda harus memperhatikan asupan tubuh sehari-hari, meskipun Anda harus menahan lapar dan haus. Ketika menjalankan puasa, tubuh harus memiliki cairan. Agar tubuh tetap terhidrasi, maka Anda dan keluarga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air. Selain cukup minum air mineral, apa saja makanan sehat –sayur dan buah- pencegah dehidrasi? Berikut ini daftarnya.

1. Mentimun

Menurut ahli diet yang dilansir laman  Cleveland Clinic , Sabtu, 9 April, Julia Zumpano, RD., LD., mentimun mengandung 95 persen air. Ditambah lagi, buah yang memendarkan aroma segar saat dikupas kaya akan senyawa anti inflamasi yang membantu membuang limbah dari tubuh.

2. Stroberi

Jika terasa asam, Anda bisa mencampurkan dengan buah lain yang terasa manis dan mengolahnya menjadi minuman segar tanpa gula. Nah,  apabila menemukan stroberi manis, maka bisa memakannya sebagai pencuci mulut. Dalam stroberi mengandung 91 persen air dan sumber flavonoid yang membantu peningkatan fungsi kognitif.

3. Semangka

Kandungan air dalam semangka terlihat jelas ketika Anda mengupasnya. Jika dihitung dalam daging buah semangka mengandung 91 persen air. Buah yang padat dengan musim panas ini juga mengandung likopen. Fungsi likopen yang membantu melindungi sel yang rusak akibat paparan sinar matahari dan memperbaiki warna kulit.

4. Seledri

Sayuran ini tinggi serat, selain itu pencegahan dehidrasi karena mengandung 95 persen udara. Seledri bisa dimakan dengan berbagai cara, misalnya untuk lalapan dan taburan sup sayuran Anda. Selain mengandung banyak air, seledri juga tinggi vitamin K, folat, dan potasium.

5. Gunung es Selada

Sama seperti seledri, dalam selada iceberg mengandung 95 persen udara sehingga menjadi salah satu sayuran pencegah dehidrasi. Sayuran ini berwarna hijau pucat dengan bulb warna putih seperti kubis. Anda bisa mengolahnya menjadi hidangan segar, seperti salad.

6. Zukini

Banyak yang keliru mengenali zukini atau  zucchini  dan timun jepang. Kerap keduanya dianggap sama, varietas yang berbeda. Zukini punya rasa lebih manis dan teksturnya renyah. Sedangkan timun jepang, teksturnya padat dan berkilau.

Zukini memiliki kandungan udara seperti kerabatnya, melon, mentimun, dan labu. Selain mengandung 95 persen air, zukini mengandung antioksidan seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Kedua yang terakhir bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

7. Kembang Kol

Apakah Anda termasuk tak menyangka bahwa kembang kol ternyata mengandung 92 persen udara? Selain itu, sayuran ini kaya akan vitamin C, vitamin K. Ada berbagai cara memasukkan pencegahan dehidrasi ini ke dalam menu buka puasa dan sahur Anda. Mulai dari mengolahnya menjadi sup hingga pengganti kentang tumbuk.

Dari ketujuh sayur dan buah yang mengandung banyak air di atas, mana yang menjadi salah satu bahan menu berbuka and sahur Anda hari ini?

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.