10 Jenis Kurma yang Banyak Dimakan saat Buka Puasa, Sudah Tahukah?
Ilustrasi Kurma (VD Photography/Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG- Pada saat bulan Ramadan umat muslim diwajibkan untuk melakukan puasa, menahan hawa nafsu makan dan minum. Selain itu, bulan suci Ramadan juga identik dengan makanan-makanan manis yang disajikan sebagai menu berbuka puasa. Salah satunya yang paling khas adalah buah kurma.

Punya rasa manis, buah berwarna cokelat ini juga punya manfaat sebagai pengganti gula yang dapat mencegah risiko diabetes. Tahukah Anda, di dunia ada lebih dari 200 jenis kurma dengan bentuk dan rasa berbeda. Tapi, semua jenis memiliki khasiat yang sama. Lalu, apa saja jenis dan pembeda dari masing-masing kurma? VOI, melansir Herworld, Minggu, 3 April berikut jenis kurma yang paling umum diketahui dan dikonsumsi banyak orang sebagai kudapan berbuka puasa.

Kurma Dayri

Yang menjadi pembeda dari kurma Dayri adalah ia memiliki tekstur yang lembut dan beraroma manis. Dengan bentuknya yang sedikit lonjong dengan kulit berwarna merah kecoklatan menjadi salah satu kurma favorit saat ini. Ketika buah ini matang, warna kulitnya berubah menjadi kuning hingga hitam saat disimpan.

Kurma Rabbi

Kurma ini merupakan salah satu kurma tertua dan terlezat yang identik dengan warna kulit coklat kemerahan dengan daging yang lembut dan manis. Kalian bisa makan langsung kurma ini sebagai cemilan atau digunakan sebagai pemanis pudding, roti, kue, dan lainnya. 

Kurma Thoory

Kurma ini dikenal sebagai kurma yang kering dengan rasanya yang pedas manis. Identik dengan bentuk yang agak lonjong dengan warna coklat keemasan, kurma Thoory cocok untuk baking

Kurma Halawy

Cocok dengan namanya yaitu Halawy yang berarti “manis”, kurma ini mengandung rasa seperti karamel-madu yang cocok dimakan sebagai menu berbuka puasa. Halawy cenderung memiliki bentuk yang lebih kecil dengan kulit coklat muda yang keemasan. 

Kurma Deglet - Noor

Deglet – Noor atau yang disebut sebagai “tanggal terang” karena bagian tengah buahnya yang terang ketika terkena sinar matahari. Kurma yang berukuran sedikit besar ini memiliki warna kuning kecoklatan dengan rasanya yang manis dan bertekstur kering.

Kurma Zahidi

Kurma berukuran sedang ini memiliki rasa yang sangat manis dengan kulit yang mengkilap dan lembut. Kurma Zahidi bagus untuk dikonsumsi untuk mencegah 

penyakit seperti gangguan pencernaan, sekaligus meningkatkan daya ingat dan penglihatan. sangat cocok untuk dimasak dan dipanggang karena mengandung syrup alami. 

Kurma Mazafati

Kurma yang berpenampilan lembut dengan warna merah cokelat yang menarik ini memiliki rasa seperti coklat dan karamel. Bukan hanya rasanya yang lezat, tapi kurma Mazafati juga kaya akan vitamin dan serat yang dapat dikonsumsi langsung.

Kurma Sayer

Kurma semi kering ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, cocok sebagai cemilan yang langsung disantap.

Kurma Barhi

Kurma Barhi merupakan jenis kurma terkecil dengan rasa yang segar seperti sirup yang cocok digunakan dalam makanan penutup dan dipasangkan dengan buah – buah lainnya. Kurma Barhi cenderung berwarna kuning kecoklatan.

Kurma Medjool

Kurma Medjool atau Medjul merupakan salah satu jenis buah kurma yang paling populer. Tekstur yang lembut dan sedikit berserat membuat kurma ini cocok untuk dimakan langsung.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.