Tergoda Banyak Hidangan Lebaran, Berikut Rekomendasi Makanan Rendah Kolesterol
Ilustrasi makanan (Sumber: Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG- Berbagai makanan biasanya akan tersaji di saat Lebaran Idulfitri. Namun, menu makanan Lebaran perlu diperhatikan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Salah satunya, makanan yang mempengaruhi kadar kolesterol.

Jika melihat opor ayam, kuahnya begitu menggugah selera. Mengetahui kandungan santan dan lemak di dalamnya, tentu orang berpikir ulang memakannya karena alasan kesehatan .

Mengutip laman  klikdokter , kadar kolesterol normal adalah 200 mg / dl. Jika kadar kolesterol di atas tersebut, maka yang terjadi saluran darah dipenuhi tumpukan plak yang dikenal dengan istilah aterosklerosis.

Plak yang kuat meningkatkan risiko terjadinya penyumbatan darah yang bisa berakibat pada penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Beberapa tips untuk membantu menurunkan risiko kolesterol tinggi antara lain, pilihlah makanan dengan lemak baik, utamakan makanan berserat tinggi dan memperhatikan pola makan. Apa saja makanan rendah kolesterol yang dapat disajikan saat Lebaran?

Sate dada ayam

Daging ayam selalu tersaji untuk disantap selama Lebaran. Kamu bisa menghidangkan daging ayam agar menjadi rendah kolesterol.

Caranya, kamu memilih bagian dada ayam. Sebabnya, pada bagian ini, kandungan kolesterol terbilang rendah sekitar 8,4 gram.

Daging dada ini terasa nikmat dan menyehatkan dengan cara diolah sebagai sate dada ayam.

Sup ikan tuna

Ikan tuna mengandung banyak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Omega-3 yang terkandung dalam ikan dapat menjadi penurun kolesterol jahat atau dikenal sebagai LDL (lipoprotein densitas rendah) sekaligus meningkatkan kolesterol.

Tetapi harus perlu tahu, ikan tuna sebaiknya melakukannya dengan cara dipanggang atau disup. Jika digoreng, hal ini dapat menghilangkan sebagian kandungan omega-3 di dalamnya.

Menu sup ikan tuna dapat menjadi andalan untuk mengisi meja makan di masa Lebaran.

Bakso ikan

Menu makanan rendah kolesterol selanjutnya yang bisa dicoba adalah bakso ikan. Ikan adalah makanan dengan lemak rendah. Kamu bisa menyajikan bakso ikan sebagai sup. 

Cita rasa dan nikmat dari kaldu ikan menggoyang lidah. Namun, kamu tetap harus memperhatikan pola makan jangan berlebihan demi menjaga kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Salad kacang almond

Kacang-kacangan adalah jenis makanan yang baik untuk kolesterol. Di dalamnya, ada kandungan lemak tak jenuh dan serat yang baik untuk menjaga kadar kolesterol normal,

Kacang almond dan kacang kenari adalah jenis kacangan yang baik untuk kolesterol dan dapat menurunkan pelbagai komplikasi kolesterol, seperti serangan jantung.

Menu salad Quinoa dan kacang almond bisa menjadi rekomendasi untuk makanan saat Lebaran. Untuk membantu, kamu perlu bahan-bahan seperti air perasan lemon, kacang almond matang, mentimun, bayam, brokoli dan minyak zaitun. 08 Mei 2021 21.22

Salad buah

Buah dan sayur-sayuran yang berserat membantu untuk kolesterol. Jenis serat larut pektin dapat menurunkan kolesterol jahat LDL hingga 10 persen. Buah-buahan yang dapat kamu olah menjadi salad antara lain apel, jeruk, pepaya, alpukat, jambu biji dan lain-lain.

Itulah 5 rekomendasi makanan rendah yang bisa dinikmati selama Lebaran. Menjaga kesehatan tubuh sama pentingnya melengkapi hari kemenangan sehingga dapat melaksanakan ibadah dengan baik.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI. Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI.