Rekomendasi Minuman Obat Panas Dalam, Ngga Melulu Pakai Obat
Ilustrasi minuman segar (Francesca Hotchin/Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG- Ketika tubuh kurang cairan, biasanya akan menyebabkan timbulnya gangguan panas dalam. Selain itu, panas dalam juga bisa muncul akibat kebiasaan konsumsi makanan yang kandungan minyaknya berlebihan. Efek dari panas dalam bagi setiap orang bisa berbeda, ada yang sakit tenggorokan, sariawan, hingga demam.

Untungnya, panas dalam masih bisa diobati dengan minuman alami yang aman dan tentu, menyegarkan. Minuman tersebut dapat menyejukkan dan baik untuk kesehatan tubuh serta meminimalisir panas dalam tubuh.

Air kelapa

Air kelapa tidak hanya menyegarkan tapi juga berfungsi baik mengobati panas dalam. Kandungan protein dan mikro mineral dalam air kelapa dikenal baik untuk tubuh. Ion dalam air kelapa juga bekerja meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga dapat memperkuat sistem imun dan meningkatkan kinerja saraf dan otak.

Air jahe, lemon, dan madu

Jahe dan lemon mempunyai kandungan vitamin C, madu memiliki banyak kandungan vitamin yang aman untuk tubuh. Ketiga bahan tersebut dapat diracik menjadi minuman yang dapat meredakan panas dalam. Campuran antara ketiga bahan tersebut juga harus dipadukan dengan air hangat untuk melegakan tenggorokan.

Teh liang

Minuman khas China ini ampuh untuk tubuh karena sudah ribuan tahun dipercaya dapat mengatasi panas dalam. “Liang” yang dalam bahasa China berarti dingin sehingga bisa membantu mendinginkan badan ketika sedang panas dalam.

Rasanya yang enak membuat liang teh ini populer dikonsumsi. Walaupun terdiri dari bahan bahan herbal, minuman liang teh ini rasanya mirip dengan rasa teh pada umumnya. 

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.