Menuju MotoGP 2022 Mandalika, Mantan Pembalap Sebut Ada Kurangnya Sirkuit
Sirkuit Mandalika, venue balapan MotoGP. (Dok. Situs resmi MotoGP)

Bagikan:

PALEMBANG - Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), sudah siap menjadi sirkuti balap MotoGP 2022 pada 18-20 Maret. Penonton tidak hanya bisa menyaksikan balapan, tapi juga bisa melihat pemandangan alam yang indah.

Rachmat Alrasyid, Mantan pebalap Indonesia, menyatakan Sirkuit Mandalika yang jadi  venue  MotoGP di Indonesia adalah sirkuit yang luar biasa. Namun, kepemimpinan, ada kekurangan dari sirkuit ini.

Rachmat Alrasyid menilai, Sirkuit Mandalika harus segera dilengkapi dengan sirkuit kecil atau karting. Jadi sirkuit ini tak hanya jadi  event besar   seperti MotoGP, melainkan bisa jadi tempat pembinaan pebalap Indonesia.

"Mandalika adalah sirkuit yang luar biasa. Tetapi saya ingin menambahkan kekurangannya yang belum ada pada sirkuit gokart atau karting," kata Alrasyid dalam tertulis, Minggu, 13 Maret.

"Karena yang saya tahu sirkuit yang ada di dunia itu pasti satu paket ada sirkuit besar dan kecil. Sirkuit kecil ini digunakan untuk penjenjangan. Itu jika mengarah ke pembinaan agar ada pebalap Indonesia yang bisa bersaing di kancah dunia," tambahnya.

Akademi Balap di Sirkuti Mandalika

Selain sirkuit kecil, aspek lainnya yang harus ada di Sirkuit Mandalika adalah akademi balap. Selain itu, harus disiapkan juga kendaraan yang memang tepat digunakan untuk penjenjangan, sebut saja saja motor MiniGP.

"Bukan motor bebek seperti saat ini. Sebab, banyak perbedaan termasuk dari posisi saat berkendara. Jadi dari awal, pebalap harus sudah terbiasa dengan  motorsport ," kata pria yang juga punya tim balap, Alrasyid Indo Racing.

Pembinaan Pembalan Indonesia untuk Ajang MotoGP

Dia berharap, dengan kembalinya MotoGP ke Indonesia akan membuat pembinaan pebalap di Tanah Air bisa berjalan lebih baik. Menurutnya, pemerintah harus turut serta dalam pembinaan ini.

"Selain itu, kita semua juga harus bersatu untuk memajukan olahraga balap Indonesia," tuturnya.

Rachmat Alrasyid juga mengatakan, Sirkuit Mandalika adalah aset berharga untuk Indonesia. Selain bisa meningkatkan segi pariwisata, MotoGP Mandalika juga diharapkan bisa membawa perubahan bagi dunia balap Indonesia.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.