5 Hal Penting yang Perlu Anda Pertimbangkan sebelum Memutuskan Punya Anak Banyak
Ilustrasi banyak anak banyak rezeki sudah tak relevan lagi (Unsplash/Ana Tablas)

Bagikan:

PALEMBANG- Setiap keluarga tentu ingin mendapat keturunan yang bisa menjadi generasi berkualitas dan cakap. Sayangnya di sisi lain, masih banyak keluarga yang memegang pedoman ‘banyak anak banyak rezeki’. Menurut Dr. (HC) Hasto Wardoyo, Sp.Og.(K), Kepala BKKBN RI diwawancara VOI pagi tadi, Rabu, 16 Februari, pandangan tersebut perlu digali ulang, sebab ada banyak risiko yang berpotensi dialami.

Tidak hanya untuk pemenuhan tanggung jawab orang tua yang semakin teruji jika memiliki banyak anak, tetapi juga kesehatan fisik maupun psikologis seluruh elemen keluarga yang bisa dipertaruhkan. Berikut pertimbangan penting sebelum memutuskan memiliki banyak anak.

1. Kuantitas tidak merepresentasikan kualitas

Konteks ruang dan waktu perlu dipertimbangkan oleh orang tua yang ingin memiliki anak lebih banyak dari 2. Menurut Hasto, anak sekarang lebih hidup dari kualitas, bukan kuantitas.

“Pada saat itu yang kita pikirkan ya karena orang tua punya sawah luas, punya kebun luas, punya ternak banyak, itu kalau kebunnya luas banyak yang nyangkul. Banyak yang mengurus, pasti sawahnya panen banyak. Jadi banyak anak banyak rezeki. Tetapi sekarang ini sawah luas ya, kalaupun punya sawah luas anaknya enggak mau mencangkul, enggak mau mengerjakan,” tutur Hasto Wardoyo.

Seturut dengan penjelasan di atas, memiliki banyak anak tidak menentukan lahirnya generasi yang berkualitas. Sebab perlu menjamin kesejahteraan anak-anak dari sejak dalam kandungan hingga ia menapaki kehidupan mandiri.

2. Semakin banyak anak semakin memberatkan orang tua

Pandangan ‘banyak anak banyak rezeki’ tak lagi relevan. Mengingat tingkat kesejahteraan keluarga yang perlu dibangun dan diupayakan.

“..kalau jumlahnya banyak ya, perlu dipikirkan lagi untuk membangun keluarga besar untuk menjamin kesejahteraannya. Ini tidak membangun tetapi menjadi beban untuk membangun itu. Ini perlu disadari bersama, pemikiran ‘banyak anak banyak rezeki’ sudah tidak relevan lagi,” imbuh Hasto.

3. Pertimbangkan kesehatan ibu

Kehamilan perlu direncanakan dan dipertimbangkan berkaitan dengan usia ibu, jarak kehamilan, kesehatan reproduksi, dan kesehatan ibu secara keseluruhan. Kehamilan ideal pada ibu usia setelah 20 tahun dan sebelum 35 tahun.

Kehamilan ibu usia muda kurang dari 20 tahun bisa membahayakan kesehatan di masa mendatang. Seperti tulang ibu jadi keropos dan berisiko mengalami kanker serviks.

“Ini hukum alam, sebelum umur 20 tahun, mulut rahim menghadap ke luar. Kalau melanggar hukum alam ini, ya pasti terkena kanker,” terang Hasto mengenai risiko kehamilan pada usia rentan.

4. Jarak kehamilan dan kelahiran terlalu dekat berisiko pada psikis anak

Disamping usia ideal ibu hamil, jarak kelahiran juga penting untuk dipertimbangkan. Idealnya, jarak kelahiran berusia 36 bulan. Misalnya, ketika anak pertama sudah berusia lebih dari 2 tahun atau masa minum ASI sudah selesai, baru orang tua boleh memikirkan untuk punya momongan lagi.

“Orang hamil itu jangan terlalu muda, kurang dari 20 tahun tidak boleh. Jangan terlalu tua, lebih dari 35 tahun ibu hamil berisiko mengalami keguguran, anak mengalami cacat, dan kematian. Jangan terlalu sering, jarak melahirkan itu 36 bulan,” jelas Kepala BKKBN RI.

Jarak usia terlalu dekat juga akan beriko pada psikis anak. Ketika si kecil masih membutuhkan banyak perhatian dari orang tua, ia harus berbagi dengan adiknya. Dalam bidang psikologi, kondisi ini dikenal dengan big-sibling-blues. Kondisi ini hadir rasa cemburu, kesal, dan penolakan pada kelahiran adiknya. Maka, orang tua perlu mempertimbangkan juga jarak kelahiran supaya perkembangan si kecil tetap optimal tanpa mengusik kondisi psikisnya.

5. Pahami risiko stunting

Mengutip laman BKKBN, stunting adalah kondisi gagal tumbuh kembang anak balita akibat kekurangan gizi saat mereka dalam kandungan hingga dilahirkan kedunia. Kondisi stunting baru terlihat pada usia anak 2 tahun. Artinya, risiko ini perlu menjadi pertimbangan orang tua ketika merencanakan punya momongan. Termasuk pertimbangan pemenuhan kecukupan gizi dan nutrisi anak ketika masih dalam kandungan hingga masa perkembangan anak setelah lahir.

Itulah kelima pertimbangan yang penting untuk dihayati dan dipraktikkan dalam melahirkan generasi yang sehat, cerdas, dan berkualitas.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.