Tips Yoga Mata untuk Mengatasi Mata Lelah serta Meningkatkan Kefokusan
Ilustrasi pandangan mata (Matteus Silva/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Terlalu lama menatap layer gadget dapat membuat mata lelah dan pedih. Akibat banyaknya orang yang mengalami keluhan itu, banyak yang melakuan yoga mata. Olahraga ini dapat meringankan beberapa masalah kesehatan mata seperti sakit mata, mata lelah, perih, gatal, sensitif pada cahaya, penglihatan kabur, dan sakit kepala.

Sama seperti yoga umumnya, yoga mata juga bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas mata sehingga fokus penglihatan dapat ditingkatkan. Gerakan yoga mata sangat mudah dilakukan. Pun Anda dapat mempraktikkannya kapan saja dan di mana saja. 

Penasaran dengan gerakannya? Dilansir dari laman Silhouette, Jumat, 12 Februari berikut VOI sajikan informasinya untuk Anda.

Tatap Objek Selama 20 Menit

Temukan objek yang jauh dan tatap benda tersebut tanpa berkedip selama 20 detik. Lalu, letakkan ibu jari di bawah objek dan geser fokus mata di antara objek dan ujung ibu jari.

Menggerakan bola mata ke atas dan bawah

Agar pandangan mata bisa lebih tajam, coba gerakkan bola mata ke atas semaksimal mungkin selama tiga detik. Lalu, gerakan lagi ke bagian bawah selama tiga detik. Lakukan gerakan ini sebanyak lima kali dan akhiri dengan memejamkan mata selama lima detik. Dengan begitu, kemampuan memandang akan lebih baik sebab otot mata kembali lentur.

Menggerakan bola mata ke kanan atas dan kiri bawah

Gerakan mata ke sudut kanan dengan maksimal lalu tahan selama tiga detik. Setelah itu, lanjutkan dengan menggerakan mata ke kiri bawah secara maksimal. Tahan juga selama tiga detik. Ulangi rangkaian yoga ini sebanyak empat kali. Terakhir, pejamkan mata selama lima detik.

Gerakan bola mata ke kiri atas dan kanan bawah

Sama seperti gerakan di atas, Anda hanya perlu menggerakan bola mata ke sisi kiri atas selama tiga detik lalu ke kanan bawah selama tiga detik pula. Kemudian, ulangi gerakan ini selama empat kali lalu akhiri dengan menutup mata selama lima detik. 

Gerakan bola mata secara melingkar berulang-ulang

Teknik yoga mata selanjutnya yaitu dengan menggerakan bola mata ke segala arah. Dimulai dengan melihat ke arah atas, kanan, bawah, kiri, dan kembali ke posisi semula. Lakukan sebanyak lima kali. Setelah itu, pejamkan mata dan cobalah tetap rileks. Gerakan yoga ini bisa membantu penglihatan Anda lebih tajam dan jelas, asalkan aktivitas ini dilakukan secara teratur.

Penutupan

Sebagai rangkaian gerakan penutup, Anda dapat menggosok kedua tangan sehingga menghasilkan panas. Letakkan telapak tangan di atas mata tertutup sampai Anda merasa mata menyerap hangatnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.