Secara Alami, Begini 7 Cara Mengatasi Mata Lelah dan Terlihat Kuyu
Ilustrasi cara mengatasi mata lelah dan terlihat kuyu (Freepik/gpointstudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mata terlihat kuyu salah satunya disebabkan karena lelah. Diantaranya karena Anda kurang mendapatkan tidur berkualitas semalam atau perlu mengistirahatkan mata serta merawat mata dengan cara sederhana di tengah kesibukan bekerja Anda. Cara untuk mengatasi mata lelah dan terlihat kuyu, ikuti langkah berikut ini.

1. Kompres dengan kain hangat

Menurut anjuran dokter, mengompres kelopak mata dengan kain hangat bisa meredakan mata lelah. Caranya, siapkan waslap dan celupkan dalam air suam-suam kuku. Sebelum melakukan langkah ini, cuci tangan terlebih dahulu supaya bakteri tidak masuk ke mata. Lalu tempelkan waslap hangat selama 5-10 menit.

cara mengatasi mata lelah dan terlihat kuyu
Ilustrasi cara mengatasi mata lelah dan terlihat kuyu (Freepik/Racool_studio)

2. Sesuaikan cahaya lampu dan layar komputer atau gawai

Ternyata, saat mengerjakan tugas yang berbeda memerlukan tingkat pencahayaan yang berbeda pula. Saat menonton TV, mata akan lebih mudah bekerja saat cahaya ruangan tetap terang. Untuk aktivitas membaca, letakkan lampu di belakang Anda dan arahkan letak buku jauh dari mata Anda. Berbeda ketika menatap layar digital, baik gawai maupun laptop, sesuaikan tingkat cahaya ruangan dan pastikan mata tidak terlalu tegang saat melihatnya.

Selain menyesuaikan cahaya, Anda bisa mengenakan kacamata komputer. Yang mana memiliki lensa khusus yang mencegah mata lelah. Ditambah lagi, pengaturan jarak juga penting dilakukan. Pastikan layar berjarak sekitar 50-66 sentimeter. Biasakan pula menjalani aturan 20-20-20, yaitu istirahat 20 detik setiap menatap jarak 20 kaki selama 20 menit sekali. Ini rekomendasi ketika Anda beraktivitas di luar ruangan. Kalau berada di dalam ruangan, berikan waktu istirahat mata setiap 2 jam selama 15 menit.

cara mengatasi mata lelah dan terlihat kuyu
Ilustrasi cara mengatasi mata lelah dan terlihat kuyu (Freepik/diana.grytsku)

3. Tingkatkan kualitas udara dalam ruang kerja

Saat mata kering, maka akan mudah lelah. Maka gunakan pelembap ruangan untuk meningkatkan kelembapan ruangan. Selain itu, sesuaikan dengan thermostat Anda serta menjauh dari ventilasi agar udara kering tidak menusuk ke wajah. Jika Anda merokok, pikirkan baik-baik untuk berhenti.

4. Latihan mata

Mata memiliki otot yang juga akan bermanfaat kalau dilatih. Melansir WebMD, Senin, 20 November, coba latihan mata dengan langkah sederhana. Pertama, pegang jari beberapa inci dari mata dan fokus memandang jari tersebut. Kedua, fokus pada benda di kejauhan lalu kembali menatap jari di dekat mata. Ulangi latihan ini beberapa kali. Bisa pula dengan menggerakkan mata ke atas, bawah, kanan, dan kiri. Kedua latihan tersebu, bisa membantu meringankan kelelahan mata.

5. Kompres dengan kantong teh

Setelah diseduh dan dinikmati, kantong teh jangan dibuang. Karena kantong teh yang sudah dingin bisa membantu menenangkan mata saat dipakai mengompres. Baik teh biasa atau teh chamomile, letakkan kantong dalam lemari pendingin. Setelah dingin, tempelkan pada kelopak mata untuk membantu menenangkan mata dan mengurangi pembengkakan.

6. Lakukan metode Bates

Pakar mata menyarankan metode Bates sebagai terapi mata. Teknik ini diambil dari nama dokter mata, William Bates. Penelitian menunjukkan, metode ini tidak memperbaiki penglihatan namun telapak tangan dapat membantu meringankan kelelahan mata. Caranya, letakkan telapak tangan di atas mata tertutup. Hindari memberikan tekanan, hanya dilekatkan atau ditempelkan saja. Cara ini dapat membantu merilekskan mata.

7. Pakai obat tetes mata

Cara terakhir ini, dilakukan untuk menjaga kelembapan mata. Cara lainnya, berkediplah lebih sering supaya mata mengeluarkan air mata secara alami. Ini perlu dilakukan kalau Anda bekerja dengan perangkat digital karena angkanya anak turun menjadi 5-7 kali kedipan dari 15 kali. Maka saat mata mulai terasa lelah, berkediplah lebih sering.

Di atas merupakan cara alami mengatasi mata lelah dan terlihat kuyu. Sebelum mengalami kelelahan pada indra penglihatan, penting juga merawat mata secara baik.