7 Kebiasaan Penyebab Ketombe yang Sering Tidak Disadari, Hentikan Mulai Sekarang
Ilustrasi kepala gatal (Unsplash/Darya Ogurtsova)

Bagikan:

PALEMBANG- Ada banyak masalah kesehatan rambut yang biasa setiap orang. Mulai dari rambut bercabang, rontok, dan kering, hingga masalah yang dialami oleh berbagai usia. Tentu saja kulit kepala berketombe tidak membuat nyaman, apalagi jika memakai pakaian berwarna hitam akan membuat malu karena butirannya dapat jatuh dan terlihat jelas.

Berdasarkan jenis penyakitnya ada empat, yaitu soriasis, dermatitis seboroik, karakter kulit kepala, dan karena kesalahan memilih produk perawatan rambut. Untuk masalah berkerak yang sering dialami oleh penderita psoriasis.

Untuk penyakit dermatitis seboroik, biasanya ukuran penyakit lebih besar daripada yang disebabkan oleh kebiasaan di bawah ini.

Jarang menyisir rambut

Meski menyisir setelah keramas saat rambut masih harus dihindari, tetapi jarang menyisir rambut dapat menyebabkan masalah lain yaitu tumbuhnya butiran putih yang sering terjadi dengan ketombe. Paling pasti, sisir rambut setelah rambut kering agar tak memicu munculnya ketotmbe.

Lebih nyaman lagi, pilih sisir yang bersih dan tidak tajam geriginya. Dan sisirlah rambut secukupnya saja, karena terlalu sering menyisir rambu menyebabkan helai-helai rambut tercerabut.

Konsumsi makanan yang banyak mengandung garam

Makanan yang terlalu banyak mengandung garam dapat menyebabkan penyebab ketombe. Artinya, kurangi makanan yang asin atau camilan tidak sehat dengan tambahan bumbu perasa dam garam. Pola makan tidak sehat juga dapat menyebabkan ketombe.

Disarankan untuk mengurangi intensitas makan makanan yang terlalu pedas,  junk food , dan manis untuk menghindari gangguan pada kulit kepala.

Menggunakan produk yang tidak cocok

Jika tidak cocok dengan satu produk perawatan rambut, segera hentikan memakainya. Selanjutnya, pilih sampo, kondisioner, krim rambut, dan minyak rambut sesuai karakter kulit kepala Anda.

Sulit mengontrol emosi

Setelah ceria dan tertekan dapat memicu serangan. Perubahan suasana hati yang ekstrim dan sulitnya mengontrol emosi hanya menyebabkan masalah tersebut juga dapat mengganggu kondisi fisik.

Saat stres, tertekan, dan merasa sedih tanpa alasan yang jelas, keinginan pikiran dengan relaksasi, olahraga, liburan atau aktivitas lain yang dapat membuat emosi lebih tenang.

Konsumsi alkohol terlalu sering

Pola hidup tidak sehat dapat menyebabkan masalah kesehatan, termasuk terlalu sering konsumsi. Dan ternyata sering mengonsumsi alkohol dapat memicu pertumbuhan rambut di rambut.

Sering memakai  hair spray

Setelah memakai  hair spray sebaiknya langsung dibersihkan dengan keramas. Sisa-sisa  semprotan rambut  yang dibiarkan lama menempel di rambut dapat jadi penyebab ketombe. Itu artinya perlu dipastikan rambut bersih setelah melakukan penataan rambut atau penataan rambut yang memakai bahan.

Artikel ini pernah tayang di VOI dengan 7 Kebiasaan yang Tidak Disadari Jadi Penyebab Ketombe . Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel .