Mengenal 10 Manfaat Buah Beri untuk Kesehatan, Apa Saja Jenis-jenisnya?
Ilustrasi jenis buah berry yang bermanfaat bagi kesehatan (Unsplash/Timo Volz)

Bagikan:

PALEMBANG - Buah-buahan adalah makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi serutin mungkin. Salah satu buah yang kaya vitamin adalah beri atau berry. Rata-rata buah beri berukuran kecil dan memiliki tekstur sedikit kenyal. Manfaat buah beri untuk kesehatan, juga enggak bisa dianggap sepele.

Untuk menu terbaik harian, Anda bisa memilih jenis buah beri yang masih segar. Sedangkan daftar manfaatnya bagi kesehatan, berikut di bawah ini.

  1. Membantu melawan radikal bebas

Makanan yang mengandung antioksidan bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh bisa memicu peradangan atau infeksi. Nah, buah berry mengandung anthocyanin, asam ellagic, dan resveratrol yang merupakan antioksidan.

Jenis buah berry yang mengandung ketiga antioksidan hebat tersebut antara lain blueberry, blackberry, dan raspberry. Disamping buah tersebut, diluar buah beri, ada buah delima yang sama-sama mengandung antioksidan tinggi.

  1. Meningkatkan sensitivitas insulin

Bagi penderita gula darah tinggi, dilansir Healthline, Jumat, 3 Desember, buah beri bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi melonjaknya gula darah karena makanan tinggi karbohidrat.

Khasiat buah beri yang mengefektifkan kerja insulin tidak hanya dialami oleh orang dengan resistensi insulin tetapi juga pada orang sehat.

3. Mengandung serat tinggi

Buah beri ialah sumber serat yang tinggi yang membantu memperlambat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan. Efek baiknya, tidak mudah lapar sehingga dapat membantu mengurangi asupan kalori. Nah, bagi Anda yang sedang menjalani program diet atau penurunan berat badan, buah stroberi atau jenis buah beri lainnya bisa dimasukkan dalam daftar menu Anda.

4. Tinggi vitamin C

Ketika mengonsumsi 150 gram buah stroberi, Anda bisa memenuhi 35 persen kebutuhan vitamin C harian tubuh. Selain vitamin C, buah beri juga mengandung vitamin K1, folat, mangan, dan tembaga. Baiknya lagi, buah beri juga memiliki kandungan kalori paling rendah.

5. Membantu melawan inflamasi

Peradangan atau inflamasi adalah pertahanan tubuh terhadap infeksi atau cedera. Peradangan sering menyebabkan aktivitas terganggu, terutama jika Anda tidak mempertimbangkan pola hidup sehat. Jenis peradangan kronis berkaitan dengan kondisi penyakit diabetes, jantung, dan obesitas.

Sebuah studi membuktikan bahwa buah beri bersifat anti-inflamasi. Penelitian lain juga membuktikan bahwa buah beri, khususnya stroberi, dapat membantu menurunkan berat badan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.