6 Rekomendasi Makanan Superfood yang Punya Segudang Nutrisi
Ilustrasi makanan super (Pexels/Ivan Samkov)

Bagikan:

PALEMBANG - Setiap orang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi. Istilah untuk makanan yang kaya nutrisi yaitu superfood. Sumber makanan superfood ini ada berbagai macam. 

Mengapa disebut superfood? Makanan ini mengandung nutrisi yang kaya sekali. Artinya, baik untuk dikonsumsi dan memberi efek bagus untuk kesehatan tubuh. Ahli gizi dari American Heart Association, Penny Kris-Etherton menyarankan untuk mengonsumsi ‘makanan super’ seperti ikan, sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Berikut daftar 6 jenis makanan superfood untuk melengkapi kebutuhan nutrisi setiap hari.

Ikan

Ikan yang disebut sebagai superfood antara lain salmon, sarden dan tuna. Ketiganya mengeluarkan minyak atau zat omega-3, vitamin B12, vitamin D serta protein baik lainnya. Bagi ibu hamil dan menyusui, ikan salmon juga direkomendasikan untuk rutin dikonsumsi. Dikutip dari WebMD, salmon mengandung DHA. Sejenis asam lemak yang membantuk perkembangan sistem saraf bayi.

Bunga kol

Bentuknya mirip brokoli, di dalamnya mengandung vitamin B6, C, K dan potasioum. Melansir dari Science Alert, satu cup bunga kol hanya mengandung 27 kalori, 3 gram serat dan 2 gram protein. Artinya, bagi yang sedang diet bisa memasukkan bunga kol sebagai salah satu menu.

Ubi ungu

Warnanya yang menarik, ungu, merupakan pigmen dari kandungan anthocyanins. Kandungan tersebut dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Dilansir oleh FutureYou Cambridge senyawa antosianin dalam ubi ungu juga terdapat pada redberry, anggur dan red cabbage.

Kunyit

Bahan makanan dan minuman yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari meredakan nyeri haid, antioksidan hingga membuat kulit lebih cerah. Biasanya, kunyit jadi pelengkap dan penambah rasa masakan.

FutureYou Cambridge juga mencatat bahwa kunyit adalah superfood. Selama ribuan tahun kunyit telah dipakai baik untuk keperluan sehari-hari maupun pengobatan. Dalam bahasa Sansekerta, kunyit memiliki 53 nama yang menggambarkan khasiatnya.

Jamur tiram

Sebenarnya, secara sains jamur tiram tergolong sebagai obat. Teksturnya dan rasanya lembut, bebas lemak, rendah kalori, tinggi protein, serat dan mineral. Di dalam jamur tiram mengandung berbagai kandungan mineral, antara lain zat besi, seng, kalium.

Dan tak ketinggalan juga mengandung vitamin B dan D. Jamur tiram merupakan obat alternatif untuk arteri yang tersumbat atau aterosklerosis.

Kecambah brokoli

Kecambah brokoli disebut dengan broccoli sprouts, meski ukurannya kecil-kecil namun manfaatnya sangat besar. Paling nikmat, kecambah brokoli dicampurkan dengan salad sayur maupun dibuat smoothies.

Dalam broccoli sprouts mengandung sulforaphane hingga 50 kali lebih banyak dibanding brokoli. Berdasarkan studi terbaru, kecambah brokoli jika dikonsumsi setiap hari dapat menurunkan kadar gula darah penderita diabetes sebesar 10 persen lebih banyak dibanding konsumsi obat-obatan.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI  dengan judul  6 Jenis Makanan Superfood yang Kaya Nutrisi. Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.